Agar Hunian Tetap Bersih Dan Nyaman Meski Ada Si Kecil

babyroom

Kehadiran sang buah hati dalam kehidupan rumah tangga tentu menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi Anda dan pasangan. Namun kehadiran sang buah hati berarti juga tugas rumah tangga juga semakin banyak. Pasalnya, selain menjaga dan merawat sang buah hati Anda dan pasangan juga bertugas untuk memastikan rumah atau apartemen tetap bersih dan bebas dari kuman.

Menjaga dan merawat buah hati merupakan kegiatan yang sudah cukup menyita waktu, sehingga terkadang kebersihan dan kerapihan hunian sering terabaikan. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak beberapa tips penting berikut ini.

Tentukan Area Makan

Jika biasanya anggota keluarga bisa makan dimanapun mereka suka, seperti saat bersantai di depan TV atau sambil membaca buku di kamar, kini kebiasaan tersebut harus diubah. Agar makanan tidak berceceran dan mengotori banyak tempat, maka buatlah aturan bahwa makan hanya boleh dilakukan di meja makan atau dapur.

Bedakan Alas Kaki

Agar lantai hunian tetap bersih dan terjaga kehigienisannya, maka mintalah setiap anggota keluarga untuk melepas alas kaki di area teras dan tidak membawanya masuk ke dalam hunian. Jika Anda dan keluarga terbiasa menggunakan alas kaki saat ke kamar mandi, maka sediakan alas kaki khusus yang hanya digunakan saat berada di kamar mandi saja.

Siapkan Tisu Basah dan Lap Kering

Pada ruangan-ruangan tertentu yang sering digunakan, sediakan tisu basah dan lap kering untuk membersihkan cipratan noda makanan atau air di lantai atau di permukaan meja. Dengan demikian jika ada hal yang kotor dapat segera dibersihkan dengan mudah dan lantai akan terjaga kebersihannya.

Letakkan Tempat Sampah Di Beberapa Sudut Ruangan

Di beberapa area, letakkan tempat sampah untuk membuang sampah kering dan sampah basah seperti sisa makanan di tempat yang terpisah. Dalam sehari, kosongkan tempat sampah tersebut untuk mencegah datangnya semut dan lalat. Sehingga tidak akan ada alasan bagi para anggota keluarga untuk tidak membuang sampah pada tempatnya.

Simpan Buku Di Laci

Jika sebelumnya Anda memiliki hobi membaca buku dan meletakkan buku yang sedang dibaca di atas meja maka sebaiknya untuk saat ini simpan buku-buku tersebut di dalam laci atau rak tertutup. Buku yang dibiarkan bercecer dapat dengan mudah dihinggapi debu yang membuat area di sekitarnya menjadi kotor.

BACA JUGA:
Mengenal Tipe Tempat Tidur Cantik Nan Modern
Inspirasi Penataan Sofa Jendela Pada Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *