Dengan Trik Ini Kehidupan Di Apartemen Tidak Selalu Individualis

Sosial life

Sebagian besar orang merasa bahwa tinggal di sebuah apartemen tidak akan bisa merasakan kenyamanan bertetangga seperti saat tinggal di perumahan. Hal ini dikarenakan hampir semua para penghuni apartemen biasanya adalah karyawan atau kelas pekerja yang sibuk. Selain itu seringnya penghuni apartemen biasanya merupakan penyewa yang dengan cepat silih berganti. Hal inilah yang membuat orang berasumsi bahwa penghuni apartemen adalah orang-orang yang individualis.

Sebenarnya hidup di apartemen pun tidak jauh berbeda dengan tinggal di perumahan. Bertetangga di apartemen pun penting demi kenyamanan dan keamanan selama menghuni apartemen. Terlebih jika tetangga apartemen sering berganti orang, maka mengenal tetangga penting demi mencegah adanya tindak kriminal di dalam gedung apartemen.

Pada dasarnya, di manapun Anda berada, Anda tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu alangkah baiknya jika saling mengenal dengan tetangga di apartemen, terutama jika hal-hal yang bersifat darurat terjadi, seperti saat terjadi kecelakaan kecil atau saat mengalami sakit. Kepada siapa akan meminta bantuan jika tidak kepada orang terdekat, yakni tetangga.

Agar lebih mudah dal am bersosialisasi dengan penghuni apartemen yang lain, simak beberapa tips berikut ini.

Saling Bertegur Sapa

Cara yang paling mudah untuk memulai awal hubungan bertetangga yang baik adalah senyum dan saling bertegur sapa. Tersenyum saat saling berpapasan dengan tetangga atau saat berada di dalam lift yang sama tentu tidak sulit dilakukan. Jika sering berpapasan, ungkapkan beberapa pertanyaan sederhana untuk memecah suasana agar tidak canggung.

Bergabung Dengan Perkumpulan

Biasanya dalam sebuah gedung apartemen, pengelola akan membentuk sebuah perkumpulan yang anggotanya adalah penghuni apartemen. Perkumpulan ini memiliki tujuan yang kurang lebih sama seperti Rukun Tetangga atau Rukun Warga di perumahan. Sesekali saat tidak sibuk, sempatkan untuk mengikuti pertemuan yang diadakan. Dengan demikian Anda akan semakin mudah untuk saling mengenal satu sama lain.

Berkunjung Ke Tetangga

Jika sudah mengenal beberapa orang penghuni apartemen lain, tidak ada salahnya untuk sesekali berkunjung ke apartemen tetangga. Bawakan beberapa makanan ringan sebagai penghilang rasa sungkan dan canggung. Atau jika perlu, Anda dapat mengundang beberapa tetangga untuk datang ke apartemen Anda dalam sebuah acara makan malam sederhana. Dengan membuka diri terlebih dahulu, orang lain akan memahami jika Anda bukanlah orang yang tertutup dan siap bersosialisasi.

Manfaatkan Ruang Publik

Dalam sebuah gedung apartemen biasanya disediakan beberapa ruang publik yang dapat digunakan bersama, seperti kolam renang, taman bermain anak, atau tempat untuk berolah raga. Sesekali datangi ruang publik tersebut. Di sana Anda dapat bertemu dengan penghuni apartemen lain dan saling mengenal.

Toleransi dan Saling Menghormati

Toleransi dan saling menghormati memang sudah seharusnya diterapkan di manapun, terutama dalam hal bertetangga. Agar tidak terjadi masalah dengan tetangga apartemen, toleransi dan saling menghormati penting untuk diterapkan. Misalnya saat berbicara atau bercanda, sebaiknya tidak terlalu keras karena dapat mengganggu kenyamanan tetangga. Bukankan jika kita menghargai orang lain maka orang lain juga akan menghargai kita?

BACA JUGA:
Yakinkan Diri Menabung Untuk Beli Properti Dengan Alasan Ini
6 Area Ini Wajib Dibersihkan Untuk Kenyamanan Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *