Tips Aman Tinggalkan Apartemen Saat Berlibur

Aman tinggalkan apartemen

Menghabiskan waktu liburan atau saat libur akhir pekan ke luar kota tentunya merupakan kegiatan yang menyenangkan. Meninggalkan apartemen dalam waktu satu atau dua hari tentu tidak menjadi masalah. Namun jika Anda berencana pergi ke luar kota dalam waktu yang lama untuk urusan pekerjaan, berlibur atau pulang kampung, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut agar apartemen yang Anda tinggalkan dalam keadaan kosong tetap aman.

Beri Informasi Pada Pengelola

Sampaikan rencana kepergian Anda pada pihak pengelola apartemen. Hal ini agar pihak pengelola tahu bahwa unit apartemen Anda akan kosong selama beberapa waktu. Tinggalkan beberapa kontak seperti nomor telepon atau email agar pihak pengelola dapat menghubungi Anda jika terjadi sesuatu.

Cek Tempat Parkir

Jika Anda pergi tanpa menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, pastikan kendaraan tersebut terparkir dengan aman dan tidak menghalangi kendaraan lain. Periksa bagian dalam mobil dan amankan semua barang berharga yang ada di dalamnya. Yang terakhir, pastikan kendaraan terkunci dengan baik.

Amankan Dokumen Penting Dan Barang Berharga

Jika Anda memiliki dokumen penting dan barang berharga, sebaiknya titipkan barang-barang tersebut di brangkas bank. Jika Anda memiliki tempat menyimpanan sendiri maka hal tersebut juga bisa dimanfaatkan. Atau jika tidak, titipkan pada kerabat dekat atau orang yang Anda percaya.

Periksa Barang-barang Elektronik

Jika Anda pergi dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda tidak membiarkan adanya alat elektronik yang tersambung dengan saklar listrik, mulai dari TV, komputer, lemari es, dan yang lainnya. Pastikan juga isi lemari es sudah bersih dan tidak ada kemungkinan makanan yang tertinggal karena akan basi dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Jangan Lupakan Binatang Peliharaan

Jika Anda memiliki binatang peliharaan, sebaiknya titipkan binatang peliharaan tersebut ke rumah penitipan hewan, atau jika tidak titipkan binatang peliharaan Anda ke orang terdekat atau orang yang Anda percaya. Jangan biarkan binatang peliharaan tersebut terkunci di dalam unit apartemen Anda, apalagi tanpa makanan dan perawatan.

Pastikan Kebersihan

Yang terakhir adalah memastikan bahwa unit apartemen yang akan Anda tinggalkan sudah bersih. Pastikan semua sampah sudah terangkut keluar. Hal ini untuk mencegah aroma tidak sedap muncul jika sampah tersebut tidak dibuang dan ditinggalkan selama berhari-hari.

BACA JUGA:
Dengan Trik Ini Kehidupan Di Apartemen Tidak Selalu Individualis
Ide Letak Tanaman Dalam Interior Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *