Masalah Yang Perlu Diantisipasi Saat Sewa Apartemen

sewa apartemen

Menyewa apartemen tidak selalu berjalan mulus dan lancar. Ada kalanya masalah ditemukan dan muncul saat melakukan sewa apartemen, baik secara internal maupun teknis. Oleh karena itu Anda yang sedang atau berencana menyewa apartemen, sebaiknya memahami beberapa kendala saat sewa apartemen agar nanti dapat mengatasinya dengan tepat.

Berikut beberapa masalah yang perlu diantisipasi saat sewa apartemen.

Perjanjian Sewa

Mengingat kegiatan sewa apartemen biasanya melibatkan dana yang cukup besar dan dalam waktu yang relatif panjang, sangatlah penting untuk membuat perjanjian tertulis. Namun pada kenyataannya ada beberapa hal krusial yang kadang tidak tercantum pada perjanjian tertulis yang dibuat pihak pemilik dan penyewa apartemen dan hanya disepakati secara verbal.

Hal ini akan menyulitkan saat salah satu pihak melanggar penjanjian verbal yang telah disepakati tersebut karena tidak adanya bukti kesepakatan secara tertulis. Oleh karena itu pastikan setiap hal penting menyangkut sewa apartemen harus tercantum dalam perjanjian tertulis demi kebaikan bersama.

Menyewa Melalui Agen

Tidak sedikit agen yang juga menawarkan sewa apartemen. Namun biasanya para agen hanya akan membantu mencarikan apartemen pada calon penyewa. Untuk urusan perawatan agen biasanya sudah lepas tangan. Oleh karena itu meskipun Anda menggunakan bantuan agen untuk mencari apartemen sewa, sebaiknya Anda juga mencari tahu siapa pemilik apartemen tersebut. Hal ini penting agar Anda dapat berkomunikasi langsung dengan pemilik apartemen saat ada masalah teknis yang muncul.

Pemilik Menjual Apartemen Yang Masih Di Sewakan

Tidak menutup kemungkinan karena satu atau dua hal, pemilik apartemen mengambil keputusan untuk menjual apartemen yang statusnya masih disewakan. Jika hal ini terjadi, Anda sebagai penyewa berhak mengetahui siapa pemilik yang baru. Biasanya perjanjian dan ketentuan sewa apartemen akan tetap berlaku meskipun apartemen tersebut sudah berganti pemilik hingga batas waktu sewa berakhir. Namun pemilik baru juga berhak mengajukan ketentuan dan perjanjian baru dan Anda pun berhak menandatangani atau bernegosiasi ulang jika tidak sepakat.

Akomodasi Furnished

Tidak sedikit pemilik apartemen mengiklankan apartemennya untuk disewa dengan akomodasi full furnished. Jika memang dalam iklan tercantum demikian, maka Anda sebagai penyewa juga harus memeriksa apakah inventaris perabot yang ada sudah berfungsi dan masuk akal untuk ditinggali. Jika tidak maka Anda dapat melakukan diskusi dengan pemilik apartemen karena hal ini juga berkaitan dengan tarif sewa nantinya.

BACA JUGA:
Urban Rigger, Apartemen Mengapung Hasil Daur Ulang Kontainer
Cara Mudah Hadirkan Nuansa Ala Bistro Pada Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *