Tak Hanya Rumah, Apartemen Pun Dikenakan PBB

pajak

Apartemen menjadi salah satu alternatif hunian yang kini banyak diminati oleh masyarakat, terutama orang-orang yang tinggal di kota-kota besar. Bagi yang sudah tinggal di apartemen tentu sudah paham tentang peraturan dan ketentuan untuk tinggal di apartemen.

Segala hal tentang apartemen tentu sudah dipahami sejak proses awal membeli hingga waktu penempatan. Tidak jauh berbeda dengan menghuni rumah tapak di kompleks perumahan atau cluster. Ada beberapa biaya yang dikenakan pada penghuni apartemen antara lain biaya keamanan, kebersihan, dan yang lainnya.

Jika memiliki rumah tapak dikenakan Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB, maka apakah memiliki apartemen juga akan dikenakan PBB? Beberapa dari Anda mungkin belum mengetahui tentang hal ini. Pada dasarnya tidak berbeda dari rumah atau bangunan lain, apartemen pun juga dikenakan PBB.

PBB untuk apartemen tentu memiliki perhitungan yang berbeda dari PBB untuk rumah tapak. Perhitunagan PBB apartemen dipengaruhi oleh luas bangunan setiap unit apartemen yang dimiliki. Karena tanah tempat apartemen di bangun masih milik pihak pengembang, maka biasanya pihak pengembang akan membagi biaya PBB secara adil.

Selain luas bangunan, ada beberapa hal lain yang juga menjadi penentu untuk menghitung biaya PBB yang dikenakan untuk apartemen. Beberapa di antaranya yakni adanya fasilitas umum, seperti jalan, lift, tangga, kolam renang, dan area parkir. Harga juga menjadi penentu biaya PBB yang dikenakan, karena semakin mahal harga apartemen, biasanya biaya PBB nya juga semakin tinggi.

Untuk masalah pembayaran, PBB apartemen dapat dilakukan dengan dua cara, yakni online dan offline. Secara online Anda dapat memanfaatkan fasilitas perbankan seperti ATM, Mobile Banking dan Internet Banking. Sedangkan secara offline dapat dilakukan dengan cara mendatangi loket-loket pembayaran PBB yang biasanya ada di bank, kantor pos, atau kantor pajak setempat.

BACA JUGA:
4 Hunian Ini Punya Dekorasi Unik Ala Tempat Bermain
Tips Ubah Tampilan Hunian Tua Jadi Lebih Modern & Stylish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *