Kenali Aneka Jenis Kusen Dengan Kelebihan & Kekurangannya

jendela

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi keindahan tampilan rumah, mulai dari warna cat dinding, bentuk bangunan, model pintu dan juga jenis kusen. Jika pada zaman dahulu model kusen hanya itu-itu saja, kini kusen jendela memiliki banyak bentuk dan material pembuatnya yang dapat disesuaikan dengan desain rumah.

Agar dapat memilih jenis kusen yang paling tepat untuk rumah Anda, kenali aneka jenis kusen dengan kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kusen Kayu

Kusen kayu adalah salah satu jenis kusen yang tertua karena sudah digunakan sejak zaman dahulu. Menggunakan kusen kayu tidak selalu memunculkan kesan kuno. Dengan model yang pas, kusen kayu juga dapat digunakan untuk rumah dengan desain yang modern.

Sayangnya jika Anda ingin memasang kusen kayu pada hunian, Anda harus menggunakan jenis kayu yang berkualitas agar kusen awet. Selain itu perawatan kusen kayu juga terbilang lebih mahal. Hal ini karena kusen kayu membutuhkan pelapis anti rayap dan juga untuk mencegah lapuk.

Kusen Aluminium

Jika dibandingkan dengan kusen kayu, kusen aluminium relatif lebih murah dan banyak digunakan untuk rumah-rumah yang ada di perumahan. Kusen jenis ini juga terbilang awet karena tahan keropos dan tidak terpengaruh oleh perubahan cuaca.

Namun dari segi desain, kusen ini cenderung monotone dan kurang bervariasi. Selain itu karena bahannya yang ringan, kusen ini tidak tahan benturan sehingga mudah penyok dan rentan akan jamur jika tidak dibersihkan secara rutin.

Kusen Fiberglass

Kusen fiberglass banyak digunakan untuk bangunan kantor dan juga rumah dengan desain minimalis modern. Materialnya yang ringan membuat harga kusen jenis ini cukup terjangkau. Hanya saja dalam hal perawatan kusen jenis ini perlu perhatian ekstra. Karena jika tidak rutin diberikan kusen ini akan mudah kotor dan berjamur.

Kusen UPCV

UPCV merupakan turunan plastik yang tidak cepat memuai saat terjadi perubahan suhu, sehingga kusen berbahan UPCV terbilang cukup awet karena tidak terpengaruh oleh perubahan cuaca. Kusen jenis ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang memiliki pendingin udara karena memiliki desain yang dapat disesuaikan dengan bentuk jendela dan juga tahan bocor.

BACA JUGA:
Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Beli Apartemen!
Jenis Hak Kepemilikan Pengaruhi Lama Kepemilikan Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *