Memilih Ragam Tanaman Yang Paling Tepat Untuk Roof Garden

roof-garden

Taman merupakan salah satu elemen hunian yang dapat membuat hunian menjadi tampak sejuk, asri dan alami. Namun dengan semakin terbatasnya lahan, tidak sedikit rumah tapak yang harus merelakan taman depan maupun belakang rumah untuk diubah menjadi car port atau dapur.

Salah satu solusi agar hunian Anda tetap memiliki taman adalah dengan memindahkan taman ke area atap atau yang biasa disebut dengan roof garden. Memiliki roof garden di rumah tentu tidak harus sekeren yang ada di hotel mewah, yang penting roof garden tersebut tampak hijau, asri dan juga nyaman.

Agar pembuatan roof garden di rumah berhasil dengan baik, memilih tanaman yang tepat adalah salah satu kuncinya. Simak tips memilih ragam tanaman terbaik untuk roof garden berikut ini.

Tahan Sinar Matahari

Area atap tentulah area dimana sinar matahari dapat menerpa langsung tanpa adanya halangan. Oleh karena itu pilih jenis tanaman yang tahan akan terpaan sinar matahari secara langsung. Beberapa tanaman seperti palem, sikas, bougenville dan pucuk merah termasuk jenis tanaman yang tahan terhadap sinar matahari, bahkan akan semakin cantik jika memperoleh banyak sinar matahari.

Tanaman Berbatang Langsing

Agar tanaman tidak merusak atap dan dinding, pilih jenis tanaman yang memiliki batang dan akar kecil. Beberapa jenis tanaman yang memiliki batang langsing diantaranya adalah kamboja, cemara udang, jeruk, kembang sepatu, dan belimbing. Meski demikian Anda tetap harus memperhatikan perawatan tanaman tersebut karena jika dibiarkan terlalu besar maka potensi merusak atap pun masih tetap ada.

Tanaman Berbatang Lunak

Tanaman berbatang lunak biasanya tumbuh dengan lambat dan kecil kemungkinan dapat merusak atap rumah. Beberapa contoh tanaman berbatang lunak di antaranya adalah lidah mertua, pandan, lidi paris, kucai dan yang lainnya. Namun jika Anda menanam jenis tanaman berbatang lunak, pastikan asupan air untuk tanaman tersebut terpenuhi dengan baik agar tanaman tidak cepat kering.

Tanaman Bunga

Tanaman bunga tentu akan sangat cantik jika di tanam di area roof garden. Selain itu tanaman bunga biasanya membutuhkan banyak sinar matahari untuk dapat tumbuh dengan subur, sehingga sangat cocok untuk ditanam di area roof garden. Anda dapat mencoba menanam kamboja jepang, euphorbia, petunia dan kaktus di roof garden.

BACA JUGA:
Kenali Aneka Jenis Kusen Dengan Kelebihan & Kekurangannya
Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Beli Apartemen!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *