Trik Dapur Ramah Untuk Anak

Anak di dapur

Bagi anak-anak, selalu ada saja hal baru untuk bisa dipelajari setiap hari, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Berkegiatan pun tidak selalu harus dilakukan di luar rumah. Di dalam rumah anak dapat mengeksplorasi setiap sudut bagunan dan ruangan, tidak terkecuali dapur. Agar anak-anak tetap dapat belajar dan bereksplorasi dengan aman dan nyaman di dapur, simak beberapa triknya berikut ini.

Setelah selesai memasak, tidak jarang ada bercak minyak atau bumbu yang tertumpah di lantai. Jika tidak dibersihkan, maka lantai akan menjadi licin dan saat ada yang lewat maka rawan terpeleset. Agar aman, pastikan lantai dapur selalu bersih dan kering, sehingga saat anak-anak sedang berada di dapur, mereka akan aman tanpa kekhawatiran.
Di dapur tentu terdapat beberapa alat elektronik yang biasa digunakan untuk memasak. Jika tidak sedang digunakan, sebaiknya cabut semua kabel yang tersambung dengan aliran listrik. Hal ini akan menghindarkan anak dari kecelakaan akibat penggunaan alat elektronik tersebut.
Untuk mencegah anak bermain dengan benda tajam di dapur, maka simpan semua pisau dan peralatan masak yang tajam di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak, misalnya di laci atau lemari yang terletak di atas. Selain itu jangan meletakkan bangku di dekat kompor, karena hal ini akan menarik perhatian anak untuk memanjat dan berusaha menyalakan kompor.
Tidak jarang botol atau wadah bekas digunakan kembali untuk menyimpan sesuatu. Oleh karena itu jangan menyimpan cairan pembersih atau detergen di botol atau wadah bekas makanan. Jika dilakukan, anak yang tidak tahu akan mengira isi dari botol atau wadah tersebut adalah makanan seperti yang tertera di label pembungkusnya.
Yang terakhir, selalu awasi anak-anak saat bermain di dapur. Membiarkan anak bermain sendirian di dapur bukanlah hal yang disarankan. Menemani dan mengarahkan anak saat mereka bermain akan membuat permainan anak menjadi lebih edukatif.
BACA JUGA:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *