Tak Mau Kalah Dari Dubai, Australia Akan Bangun Apartemen Tenaga Surya Pertama

sol-invictus-tower

Beberapa waktu yang lalu Dubai mengumumkan akan membangun kompleks gedung apartemen mewah dengan menggunakan tenaga surya. Seakan tak mau kalah, Australia pun kini juga mengumumkan bahwa di negara kangguru tersebut akan dibangun sebuah high-rise pertama yang menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi utama.

Gedung yang rencananya akan memiliki 60 lantai ini akan difungsikan sebagai apartemen dan juga perkantoran. Peddle Thorp, adalah pengembang properti terkemuka yang akan membangun gedung yang diberi nama Sol Invictus Tower tersebut dalam dua tahun mendatang dan akan menjadi mahakaryanya.

sol-invictus-tower1

Nantinya gedung ini akan memiliki fasad kaca yang dapat menangkap dan menyimpan energi matahari. Energi matahari tersebut kemudian akan diubah menjadi energi listrik dan nantinya akan disimpan dalam baterai Tesla.

Gedung ini memiliki bentuk unik yang sengaja didesain untuk dapat menangkap gerakan matahari yang bersinar sepanjang hari dari arah timur ke barat. Peter Brook, selaku arsitek dari gedung tersebut mengatakan bahwa Sol Invictus Tower dibangun dengan menggunakan material berteknologi tinggi dan panel solar yang didatangkan dari Cina.

Selain desain dan teknologinya yang memukau, Sol Invictus Tower juga akan dibangun di lokasi yang dikenal sebagai jantung kota Melbourne, yakni berbatasan langsung dengan King Street off-ramp dan West Gate Freeway.

Dengan lokasi yang strategis tersebut, para penghuni akan dapat dengan mudah bermobilisasi karena lokasi apartemen yang sangat dekat dengan jalur bebas hambatan. Selain para penghuni, para pekerja yang nantinya bekerja di area perkantoran di Sol Invictus Tower pun akan memperoleh keuntungan yang sama.

Tidak cukup sampai disitu, Sol Invictus Tower juga akan mengintegrasikan area perkantoran, area komersial dan area residensial lengkap dengan seluruh fasilitas yang ramah lingkungan dan juga berkelanjutan.

BACA JUGA:
Tips Jaga Hunian Bebas Dari Tikus
Mengintip Rumah Baru Si Bungsu, Kylie Jenner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *