Strategi Jitu Cicil Hunian Tanpa Perlu Menguras Tabungan

uang

Terbatasnya kesediaan lahan perumahan membuat harga properti, baik rumah maupun apartemen semakin lama semakin naik. Salah satu solusi untuk memperoleh properti yang banyak ditempuh oleh masyarakat adalah dengan cara mencicil.

Namun pada kenyataannya mencicil pun kadang menjadi masalah bagi sebagian orang karena akhirnya gaji yang diterima hanya numpang lewat saja. Bahkan yang lebih buruk, orang yang menjalankan KPR harus rela berhutang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Agar hal yang sama tidak terjadi pada Anda yang berencana mencicil properti, simak strategi jitu berikut agar cicilan dapat berjalan lancar dan tabungan pun tetap aman.

Ketahui Jumlah Batas Utang

Sangat penting untuk Anda mengetahui jumlah pemasukan utama setiap bulan dan jumlah utang yang harus dibayar tiap bulannya. Jumlah utang yang harus dibayar tiap bulan tidak boleh lebih dari 30% dari pendapatan Anda. Hal ini untuk mencegah terganggunya biaya operasional bulanan yang harus dibayar, seperti misalnya uang makan, tagihan listrik, pulsa dan yang lainnya.

Jangan Mudah Tergoda Iklan

Tidak sedikit pengembang atau bagian pemasaran properti yang menawarkan janji-janji manis demi mendapatkan sebanyak mungkin konsumen. Yang perlu Anda ingat adalah bank biasanya hanya mau membantu memberikan pinjaman sebesar 70% dari harga hunian. Jadi untuk DP Anda harus membayarnya sendiri.

Kumpulkan Semua Pemasukan Tambahan

Jika memang berniat memiliki hunian, Anda haruslah rela mengumpulkan semua pemasukan tambahan untuk dapat membayar uang muka hunian. Pemasukan tambahan seperti uang bonus, THR atau hasil pekerjaan sampingan dapat Anda kumpulkan untuk menambah tabungan sebagai uang muka nantinya.

Bendung Gaya Hidup

Jika Anda memiliki kesenangan dan kebiasaan untuk berbelanja barang-barang mahal bermerek dan nongkrong di kafe favorit, maka Anda harus rela untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Jika dihitung dengan seksama, uang yang dikeluarkan untuk mengikuti gaya hidup tersebut dapat membuat Anda lebih cepat menabung untuk membayar uang muka.

Perpanjang Masa Kredit

Jika Anda sudah berusaha membendung gaya hidup namun ternyata gaji yang Anda peroleh masih belum cukup untuk membiayai hidup setelah dikurangi cicilan, maka solusi terakhir adalah dengan memperpanjang masa kredit. Dengan memperpanjang masa kredit, nilai cicilan dapat diturunkan.

BACA JUGA:
Memahami Ragam Jenis Desain Interior Part II
Memahami Ragam Jenis Desain Interior Part I

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *