Memahami Resiko Beli Properti Yang Sedang Dijaminkan Ke Bank

jabat tangan

Tidak jarang seseorang yang sedang sangat membutuhkan dana akhirnya harus rela melepaskan lahan, rumah atau apartemen padahal aset properti tersebut sedang dijaminkan di bank. Dan karena beberapa pertimbangan, tidak sedikit pula yang mau membeli aset properti tersebut meskipun statusnya sedang diagunkan.

Membeli aset properti yang sedang diagunkan bukan berarti tanpa resiko. Tidak jarang penjual meminta DP terlebih dahulu untuk mengambil sertifikat aset properti yang sedang dijaminkan ke bank. Di sinilah letak resiko pembelian muncul karena tidak menutup kemungkinan sang penjual dapat berlaku curang.

Untuk meminimalkan resiko terjadinya penyimpangan yang dilakukan penjual dan dapat merugikan Anda sebagai calon pembeli, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Simak penjelasannya berikut ini.

Cara pertama yakni dengan meminta penjual menyelesaikan kewajiban pembayaran utang terlebih dahulu kepada pihak bank. Dengan demikian sertifikat yang diagunkan dapat diambil sebelum transaksi jual beli berlangsung. Namun hal ini biasanya sulit untuk dilakukan oleh penjual dengan alasan tidak adanya dana yang mencukupi.

Cara kedua yakni dengan melakukan over kredit secara langsung dengan pihak bank yang bersangkutan. Dengan melakukan over kredit, Anda dapat melakukan pembayaran utang dari sang penjual secara langsung kepada pihak bank dengan disaksikan oleh wakil pihak bank terkait.

Cara ketiga yakni dengan memberikan down payment atau uang muka kepada pihak penjual. Jika Anda melakukan cara ketiga ini, pastikan Anda memperoleh jaminan dari pihak penjual. Jika pihak penjual melakukan cidera janji, Anda dapat langsung mengeksekusi jaminan yang sudah diberikan oleh pihak penjual.

Dari ketiga cara tersebut, Anda pun harus memastikan bahwa perjanjian yang dibuat bersama penjual sudah matang. Dengan demikian jika terjadi penyimpangan yang dilakukan penjual, Anda sebagai pembeli memiliki dasar yang kuat untuk memperoleh hak Anda kembali. Selain itu, hal ini juga dapat meminimalkan resiko kerugian yang dapat Anda alami sebagai pembeli.

BACA JUGA:
Mengulik Desain Kolam Renang Menawan Milik Selebriti Hollywood
Tak Disangka, Peralatan Kecantikan Ini Bisa Digunakan Merawat Perabot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *