Agar Tak Tertipu Developer Nakal, Pelajari Tipsnya

hak-kepemilikan

Selain dengan cara mencari sendiri, tidak sedikit orang yang memanfaatkan jasa developer atau pengembang untuk membeli hunian, baik yang baru maupun yang bekas. Membeli hunian, baik apartemen maupun rumah melalui developer dinilai memiliki keuntungan tersendiri.

Misalnya Anda tidak perlu repot mencari tanah, atau membangun bangunan sendiri karena semua sudah diurus oleh pihak pengembang. Selain itu membeli hunian melalui pengembang juga dinilai lebih memudahkan karena dapat dilakukan secara kredit. Biasanya pihak developer sudah memiliki kerjasama dengan bank terkait fasilitas KPR.

Namun meskipun ada banyak kemudahan yang dapat Anda peroleh, bukan berarti transaksi dengan developer tidak bebas dari kendala dan selalu aman. Pasalnya tidak sedikit orang yang sudah tertipu oleh pengembang nakal. Namun bukan berarti semua developer akan berbuat curang pada Anda.

Agar tidak tertipu pengembang nakal, Anda sebaiknya mengetahui dengan baik proses dan ketentuan untuk membeli hunian melalui developer. Simak tips dan trik agar aman saat membeli hunian dari developer berikut ini.

Teliti Reputasi Developer

Sangat penting untuk mengetahui apakah developer yang Anda pilih telah memiliki reputasi yang baik dan dapat dipercaya. Salah satu cara untuk memeriksanya adalah dengan meminta kelengkapan ijin yang dimiliki pihak developer, seperti Ijin Peruntukan Tanah, Sertifikat tanah, dan IMB Induk. Cek juga di lapangan apakah prasarana sudah tersedia dan apakah kondisi tanah sudah siap untuk didirikan hunian.

Tidak Membayar DP Ke Developer Sebelum KPR Disetujui

Sebelum pihak bank memastikan persetujuannya terhadap pengajuan KPR Anda, jangan memberikan uang DP kepada pihak developer. Pasalnya meskipun pihak developer sudah bekerjasama dengan pihak bank terntentu, belum tentu bank akan menyetujui pengajuan KPR Anda.

Meminta kembali DP yang sudah terlanjur Anda berikan kepada pihak developer ketika pengajuan KPR ternyata tidak disetujui akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, selain itu prosesnya juga tidak akan mudah. Tidak menutup kemungkinan akan ada potongan yang dikenakan oleh pihak developer.

BACA JUGA:
Tampilkan Hunian Cantik Dengan Lantai Granit Bermotif
Kondisi Kamar Tidur Yang Buruk Bisa Jadi Pemicu Insomnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *