Strategi Feng Shui Untuk Ruangan Dengan Luas Terbatas

ruang-kecil

Dengan penataan yang sembarangan, ruangan dengan luas terbatas, seperti ruang bawah tanah atau apartemen tipe studio, bisa menjadi terasa semakin sempit. Namun jika duatur dengan tepat, ruangan yang sebenarnya sempit pun bisa terasa seperti ruangan yang luas.

Feng Shui tidak hanya dapat diterapkan untuk ruangan yang luas saja, tetapi juga untuk ruangan yang luasnya terbatas. Simak beberapa strategi feng shui untuk ruangan sempit berikut ini.

Beri Pemisah Ruangan

Memberi pemisah ruangan pada ruangan yang sempit bukan berarti Anda harus memasang tembok pembatas secara permanen. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memisahkan ruangan tanpa harus membuat tembok, misalnya dengan menggunakan rak buku, tirai, atau meletakkan furniture secara berlawanan arah.

Menurut feng shui, sangat penting untuk memisahkan fungsi masing-masing area yang ada di dalam hunian agar tidak muncul kebiasaan buruk, seperti makan di atas tempat tidur, dan yang lainnya.

Beri Tempat Penyimpanan

Ruangan yang sempit akan terasa semakin sempit jika ada banyak barang yang berantakan dan berserakan. Oleh karena itu sangat penting untuk menyediakan sebuah tempat penyimpanan barang-barang agar tidak tercecer secara sembarangan. Anda dapat memanfaatkan area-area tersembuyi sebagai tempat penyimpanan. Seperti di bawah meja, di bawah tempat tidur atau memasang sebuah rak di sudut sempit ruangan.

Strategi Pencahayaan

Untuk membuat ruangan sempit terkesan lebih luas, pencahayaan di ruangan tersebut sangat perlu untuk diperhatikan. Selain dengan memaksimalkan bukaan seperti jendela dan skylight, Anda juga dapat menggunakan cermin untuk memantulkan cayaha yang ada di ruangan. Selain dapat membuat ruangan tampak lebih terang, cermin juga dapat membuat ruangan terkesan lebih luas.

Tidak hanya itu, untuk ruangan yang luasnya terbatas, sebaiknya pilih cat dinding dengan warna yang terang, seperti putih, atau warna pastel. Hindari menggunakan warna gelap karena akan membuat ruangan terasa semakin sempit.

Sentuhan Pribadi

Di ruangan dengan luas terbatas tentu akan sedikit sulit untuk menambahkan ornamen dekorasi. Namun tidak ada salahnya jika Anda ingin menonjolkan karakter pribadi di dalam hunian. Anda dapat menggantung frame berisi foto keluarga, atau bingkai dengan tulisan motivasi favorit, atau dengan memasang lampu gantung hias.

BACA JUGA:
Tips Agar Hunian Kaya Pencahayaan Alami
Tips Sukses Investasi Properti Di Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *