Lakukan Ini Agar Tanaman Dalam Ruangan Tumbuh Sehat & Segar

tanaman-indoor

Menghadirkan tanaman di dalam ruangan baik di rumah maupun di apartemen dapat membuat suasana di dalam ruangan menjadi lebih segar. Merawat tanaman di dalam ruangan tidak sama dengan merawat tanaman yang ada di luar ruangan.

Perlu trik khusus agar tanaman yang ada di dalam ruangan tetap cantik, tumbuh dengan sehat dan tetap segar. Simak penjelasannya berikut ini.

Hindari Tanaman Bunga

Tanaman yang memiliki bunga memang dapat terlihat cantik dengan bunga berwarna cerah. Namun sayangnya tanaman berbunga cenderung lebih mudah layu jika tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu untuk tanaman di dalam ruangan sebaiknya pilih tanaman berdaun, seperti sukulen karena lebih fleksibel.

Perhatikan Potnya

Jika Anda meletakkan sebuah pot tanaman di dalam ruangan, baik itu di lantai maupun di atas meja, pilih pot yang dilengkapi dengan tatakan. Pasalnya setiap pot memiliki lubang di bagian bawahnya sehingga saat disiram, air dapat mengalir keluar dari dalam pot. Tanpa adanya tatakan, air tersebut akan mengotori lantai atau meja.

Keluarkan Setiap Minggu

Agar tanaman Anda tetap segar, satu hingga dua kali seminggu Anda dapat mengeluarkan tanaman tersebut dari dalam ruangan agar tanaman dapat memperoleh udara segar dan sinar matahari secara langsung. Anda dapat mengeluarkan tanaman tersebut selama dua hingga tiga jam agar tanaman dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan.

Jangan Disiram Setiap Hari

Udara di dalam ruangan biasanya lebih sejuk, sehingga tanah, batang dan daun tanaman yang berada di dalam ruangan cenderung lebih lama kering. Oleh karena itu Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari agar tanaman tidak terlalu lembab dan mudah membusuk. Agar tanaman tampak segar, gunakan spray untuk menyirami tanaman setiap dua hari sekali.

Hindari Area Panas

Udara yang terlalu panas dapat membuat tanaman menjadi mudah layu dan lemas. Oleh karena itu letakkan tanaman di area yang teduh dan jauh dari sumber panas seperti kompor. Letakkan tanaman di dekat jendela, atau tempat-tempat yang teduh lainnya.

BACA JUGA:
Aplikasi Desain Modern Pada Apartemen Tipe Studio
Inspirasi Desain Interior Apartemen Bergaya Pop Art

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *