Memilih Jenis Pencahayaan Yang Tepat Untuk Kamar Tidur

bedroom-lighting

Di dalam sebuah rumah maupun apartemen, kamar merupakan tempat dimana sang penghuni dapat beristirahat dan melepaskan lelah setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itu faktor kenyamanan sangatlah penting. Salah satu penunjang faktor kenyamanan di area kamar tidur adalah pencahayaan.

Berbeda dengan pemilihan lampu untuk ruang kerja atau ruangan lainnya, lampu kamar sebaiknya tidak dipasang di tengah langit-langit. Lampu yang dipasang demikian dapat membuat Anda silau dan membuat istirahat menjadi kurang nyaman. Berikut beberapa jenis pencayaan yang dapat Anda pilih untuk area kamar tidur.

Concealing Lighting

Jika diartikan secara harfiah, concealing lighting berarti lampu yang tersamar atau tersembunyi. Jenis pencahayaan ini biasanya banyak digunakan untuk kamar hotel maupun resort. Untuk menciptakan concealing lighting, lampu ditempatkan secara tidak terlihat di sudut tertentu, seperti di bawah rak, dan yang lainnya. Cahaya yang dihasilkan tampak hangat dengan menggunakan bohlam yang berpendar kekungingan.

Ambient Lighting

Ambient lighting merupakan pencahayaan yang menjadi nuansa utama pada ruangan. Biasanya warna yang dipilih sangat menentukan nuansa ruangan. Warna kuning memunculkan nuansa hangat, sedangkan putih kebiruan memunculkan nuansa sejuk. Menggunakan ambient lighting untuk pencahayaan kamar sangatlah tepat karena nuansa yang muncul terasa alami dan nyaman.

Down Lighting

Down lighting sebenarnya mirip seperti lampu sorot. Lampu jenis ini biasanya di arahkan ke satu bagian kamar saja, bisa diarahkan pada lukisan, foto, atau pajangan di dinding. Pemilihan warna pendar pun di sesuaikan dengan nuansa kamar sehingga dapat membuat mata menjadi lebih nyaman dan juga dapat memberikan efek menenangkan.

Recessed Lighting

Pada prinsipnya recessed lighting same seperti down light, dimana lampu ditempatkan di langit-langit. Namun perbedaannya ada para ruang kecil untuk setiap lampunya. Jika down light menggunakan tempat lampu yang biasa, recessed light menggunakan tempat lampu yang lebih artistik, sehingga cahaya yang dihasilkan pun lebih bersahabat dengan mata.

Wall Lighting

Pada wall lighting, lamp tidak ditempatkan di plafon, tetapi menempel di dinding kamar. Tujuannya agar lampu tidak menyilaukan mata dan dapat menyebar serta memantul dari dinding. Jenis lampu yang digunakan untuk wall lighting biasanya adalah jenis lampu temaram sehingga sangat cocok untuk digunakan saat tidur.

BACA JUGA:
Kiat Sukses Ciptakan Taman Vertikal Di Apartemen
Pahami Etika Sebelum Renovasi Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *