Kiat Jitu Dapatkan Uang Untuk DP Rumah & Apartemen

uang

Setiap orang tentu berkeinginan untuk memiliki hunian, baik rumah atau apartemen dari jerih payahnya sendiri. Sebagian orang sebenarnya sudah mampu untuk membeli hunian secara kredit dan membayarkan cicilan di setiap bulannya. Namun masalah muncul ketika mereka harus membayarkan uang muka atau DP.

Meskipun nilai DP berkisar antara 10 hingga 30%, namun sebagian orang masih merasa kesulitan untuk dapat memenuhi nilai tersebut. Jika Anda berkeinginan untuk membeli hunian dan sedang berjuang untuk mengumpulkan DP, berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda lebih cepat mengumpulkan DP.

Negosiasi Pembayaran DP Dengan Pengembang

Tidak ada salahnya untuk berkomunikasi dengan pihak pengembang dan bernegosiasi untuk pembayaran DP. Jika properti yang ditawarkan masih belum siap untuk ditempati, biasanya pengembang dapat memberikan fasilitas DP kepada pembeli. Hal ini dapat membantu Anda berlatih untuk melakukan cicilan saat DP sudah selesai terbayar.

Cari Pemasukan Sampingan

Jika Anda memiliki keahlian tertentu, seperti memasak, membuat kerajinan atau apapun yang dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, tentu tidak ada salahnya untuk dimanfaatkan. Namun yang perlu diingat, jangan sampai usaha sampingan Anda mengganggu pekerjaan utama.

Melikuidasi Harta Benda

Opsi lain yang dapat Anda tempuh untuk dapat memenuhi nilai DP adalah dengan melikuidasi harta benda yang Anda miliki, seperti kendaraan atau perhiasan. Hal ini dapat Anda lakukan jika fasilitas cicilan tidak diberikan oleh pihak pengembang.

Meminjam Dana Dari Perusahaan atau Koperasi Karyawan

Jika Anda merupakan karyawan dari sebuah perusahaan dan sudah bekerja cukup lama di perusahaan tersebut, maka biasanya Anda akan mendapatkan kemudahan untuk mengajukan pinjaman ke perusahaan atau koperasi karyawan.

Berhemat

Dari kesekian cara untuk memperoleh dana untuk DP, berhemat adalah cara yang paling bijak. Dengan demikian perencanaan keuangan Anda dapat berjalan dengan lebih baik. Jika memang berniat untuk membeli hunian, maka Anda perlu menghindari kegiatan konsumtif.

BACA JUGA:
Mengenal Drywall & 7 Kelebihannya
Jangan Dijual! Manfaatkan Rumah Tua Hasil Warisan Untuk Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *