Tips Agar Hunian Anda Tidak Terasa Panas

hunian-sejuk

Bagi pemilik hunian, baik rumah maupun apartemen, kenyamanan adalah salah satu faktor penting yang harus ada di hunian mereka. Salah satu hal yang dapat mengurangi kenyamanan sebuah hunian adalah jika hunian terasa panas di waktu-waktu tertentu, seperti di siang hari ketika matahari tengah terik.

Agar hunian Anda terasa sejuk dan terhindar dari suasana panas tanpa perlu menggunakan pendingin udara, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Simak penjelasannya berikut ini.

Perhatikan Lokasi Hunian

Pada dasarnya, kemanapun hunian menghadap, bukanlah persoalan yang terlalu penting. Yang terpenting adalah kondisi di sekitar hunian Anda berada. Sebaiknya lokasi hunian tidak berada terlalu dekat dengan pabrik atau SUTET.

Perhatikan Kondisi Bangunan

Salah satu penyebab hunian terasa panas adalah minimnya sirkulasi dan ventilasi udara. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan kondisi bangunan, apakah ventilasi udara yang tersedia sudah mencukupi sehingga sirkulasi udara dapat berjalan lancar.

Selain ketersediaan ventilasi udara, Anda juga perlu memperhatikan tinggi plafon. Semakin tinggi plafon, maka sirkulasi udara akan semakin baik sehingga hunian pun terasa lebih sejuk dan tidak terasa panas.

Pasang Exhaust Fan

Jika hunian Anda terasa panas, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memasang exhaust fan. Exhaust fan mampu mengusir udara pengap yang dapat membuat ruangan menjadi panas dan mengubahnya menjadi lebih sejuk.

Jangan Gunakan Parket

Meskipun jenis kayu parket saat ini sedang banyak digemari untuk pelapis lantai, namun jika kondisi hunian Anda kurang memungkinkan, maka sebaiknya jangan memaksakan diri untuk memasang kayu parket. Jika plafon terlalu rendah, dan Anda memaksakan diri untuk memasang lantai parket, ruangan justru akan terasa semakin panas.

Perhatikan Pemilihan Warna Dinding

Kondisi sebuah ruangan juga sangat dipengaruhi oleh pemilihan warna. Jika tidak ingin ruangan terasa sejuk, sebaiknya pilih warna pastel untuk dinding ruangan, seperti putih atau krem. Warna abu-abu, hitam, atau coklat tua sebaiknya dihindari karena akan memberikan kesan panas.

Tanam Penghijauan Di Sekitar Hunian

Adanya ruang terbuka hijau dapat membuat hunian Anda terasa lebih sejuk. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk memulai menanam tanaman di sekitar hunian Anda. Jika tidak tersedia cukup lahan, Anda dapat membuat taman vertikal seperti dijelaskan di artikel berikut.

BACA JUGA:
Kiat Jitu Dapatkan Uang Untuk DP Rumah & Apartemen
Mengenal Drywall & 7 Kelebihannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *