Memilih & Merawat Lampu Darurat Agar Lebih Awet

lampu-darurat

Lampu darurat adalah salah satu perabot rumah tangga yang wajib dimiliki sebagai lampu pengganti saat listrik di rumah atau di apartemen sedang padam. Tidak hanya itu, lampu darurat juga dapat berfungsi sebagai pengganti senter saat Anda butuh penerangan untuk melakukan hal tertentu di tempat yang gelap.

Agar lampu darurat Anda lebih awet, simak tips untuk memilih dan merawat lampu darurat berikut ini.

Pilih Lampu LED

Dibandingkan dengan lampu darurat biasa, sebaiknya pilih lampu darurat LED. Pasalnya lampu darurat LED menghasilkan cahaya yang lebih terang namun penggunaan daya listriknya lebih hemat. Cahaya yang dihasilkan pun lebih aman dan tidak menyilaukan. Biasanya lampu darurat LED menggunakan baterai yang dapat diisi ulang atau di-charge.

Perhatikan Tombol Lampu

Pilih lampu LED yang memiliki tombol lampu yang dapat diatur tingkat pencahayaannya. Hal ini penting agar Anda dapat menyesuaikan kebutuhan cahaya yang dibutuhkan saat melihat ke area gelap. Selain itu Anda juga dapat mengatur tingkat kekuatan sinarnya agar tidak menyilaukan mata.

Perhatikan Harga

Ada banyak jenis lampu darurat yang ditawarkan di pasaran. Namun sebaiknya Anda tidak tergiur dengan harga murah namun ternyata kualitasnya mengecewakan. Sebaiknya pilih lampu darurat dengan merek yang sudah terpercaya, meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun daya kerjanya dapat bertahan lebih lama.

Langsung Di-charge

Sebaiknya saat pertama kali Anda membeli lampu darurat, segera lakukan pengisian baterai agar baterai terisi penuh dan dapat digunakan saat dibutuhkan. Ikuti petunjuk pengisian baterai yang tertera pada kemasan agar lampu darurat dapat bekerja secara maksimal.

Perhatikan Kondisi Baterai

Jika baterai lampu darurat Anda masih penuh atau setengah penuh, sebaiknya hindari melakukan pengisian ulang daya baterai. Mengisi baterai yang masih penuh akan membuat baterai menjadi cepat rusak. Lakukan pengisian ulang daya baterai saat baterai sudah hampir habis. Dengan demikian lampu akan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Simpan Kembali Dalam Kemasan

Sebaiknya jangan meletakkan lampu darurat di sembarang tempat. Untuk mencegah adanya goresan atau retakan pada kaca lampu atau body lampu, sebaiknya simpan kembali lampu darurat setelah selesai digunakan atau di-charge di dalam kotak kemasannya.

BACA JUGA:
Tips Agar Hunian Anda Tidak Terasa Panas
Kiat Jitu Dapatkan Uang Untuk DP Rumah & Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *