Tips Memelihara Binatang Di Hunian Dengan Luas Terbatas

bintang-peliharaan

Memelihara binatang adalah salah satu hobi yang banyak digemari oleh masyarakat. Jika Anda salah satu orang yang gemar memelihara binatang, baik itu anjing, atau kucing, tentu merupakan suatu kesenangan jika Anda dapat memelihara binatang favorit di rumah atau di apartemen.

Sayangnya seiring berjalannya waktu binatang yang Anda pelihara semakin bertambah besar sedangkan hunian Anda memiliki luas yang terbatas. Tak perlu khawatir, simak beberapa tips memelihara binatang di hunian dengan luas terbatas berikut ini.

Sesuaikan Jenis Binatang Dengan Luas Hunian

Jika hunian Anda tidak terlalu besar, maka sebaiknya pilih jenis binatang yang ukuran dewasanya juga tidak terlalu besar. Hal ini untuk menjaga agar Anda dan sang binatang peliharaan memiliki ruang gerak yang cukup.

Tentukan Batas Ruangan

Memelihara binatang kecil seperti kelinci atau hamster tentu berbeda dengan memelihara kucing atau anjing. Jika memelihara kelinci, burung atau hamster, Anda tentu hanya membutuhkan kandang dengan ukuran tertentu sebagai tempat tinggal mereka.

Namun jika Anda memelihara anjing atau kucing, maka Anda perlu menentukan batas ruangan agar mereka tidak akan memasuki ruangan tertentu tanpa izin. Hal ini perlu dilakukan agar Anda lebih mudah saat membersihkan ruangan.

Disiplin Dalam Memberi Makan

Biasakan binatang peliharaan Anda untuk memiliki jam dan tempat makan yang sama setiap harinya. Lakukan pemberian makan di luar hunian agar mereka tidak makan di dalam ruangan dan membuat ruangan menjadi kotor akibat ceceran makanan mereka yang ada di lantai.

Siapkan Tempat Tidur

Tidak ada salahnya untuk membiarkan kucing atau anjing peliharaan Anda untuk tidur di dalam hunian. Namun yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan tempat khusus agar mereka dapat tidur dengan aman dan nyaman. Menyiapkan tempat tidur khusus untuk mereka dapat mencegah mereka untuk tidur di sembarang tempat seperti sofa atau di atas karpet.

Bersihkan Ruangan

Jika Anda memelihara binatang di dalam kandang maka Anda perlu membersihkan kandang tersebut minimal seminggu sekali. Namun jika yang Anda pelihara adalah kucing atau anjing, maka yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan area yang sering dimasuki oleh binatang peliharaan dengan menggunakan vacuum setiap seminggu sekali.

Ajak Keluar

Agar binatang peliharaan Anda tidak merasa terkungkung dan menjadi stres, sesekali ajak mereka untuk bermain di luar rumah. Anda dapat bermain di halaman atau mengajaknya berjalan-jalan ke taman. Kegiatan fisik di luar rumah dapat membantu mereka dalam menyalurkan energi dan mengurangi agresivitas.

BACA JUGA:
Trik Membuat Perpustakaan Pribadi Di Rumah & Apartemen
Memilih & Merawat Lampu Darurat Agar Lebih Awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *