Cara Terbaik Ajarkan Anak Untuk Membereskan Kamarnya Sendiri

anak2

Seiring berjalannya waktu, anak-anak mulai besar dan mereka pun harus dapat membersihkan kamar mereka sendiri. Namun mengajarkan anak untuk dapat membereskan kamarnya sendiri pun tidak mudah. Tidak jarang mereka menolak untuk membersihkan kamarnya dan lebih suka membiarkan semua barangnya yang berserakan.

Agar anak lebih disiplin dan kamar anak tampak selalu rapi tanpa Anda harus turun tangan, ada beberapa cara terbaik untuk mengajarkan anak agar dapat membereskan kamarnya sendiri. Simak tipsnya berikut ini.

Berikan Contoh Yang Baik

Anak adalah peniru yang ulung. Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah memberikan contoh yang baik. Jika Anda ingin anak memiliki perilaku yang baik dan mau membereskan kamarnya sediri, Anda harus memberikan contoh dengan memastikan kamar Anda selalu bersih dan rapi.

Ajarkan pada anak bahwa kamar yang rapi dapat membuat Anda dan anak-anak semakin nyaman saat beristirahat. Sedangkan kamar yang berantakan dapat membuat istirahat menjadi lebih sulit.

Sediakan Kotak Penyimpanan

Letakkan beberapa kotak penyimpanan di kamar anak agar anak dapat menyimpan barang-barangnya dengan mudah. Libatkan anak saat pemberian label pada setiap kotak penyimpanan yang ada. Pisahkan kotak-kotak tersebut untuk menyimpan barang yang berbeda, seperti kotak mainan, kotak buku, dan yang lainnya.

Dekorasi Ruangan

Anak tentu memiliki keinginan tersendiri untuk mendekorasi kamarnya. Tanyakan pada anak jika mereka ingin memindahkan beberapa perabot, dan mengatur ulang posisinya. Dengan demikian anak akan memiliki keinginan untuk menjaga kamar tidurnya agar tetap bersih dan rapi.

Hari Khusus Bersih-Bersih

Anak akan merasa terbebani jika anak harus membereskan kamarnya setiap pagi. Agar anak terbiasa, Anda dan anak Anda dapat menentukan hari khusus untuk bersih-bersih. Misalnya di hari Jum’at, Anda dan anak dapat meluangkan waktu selama paling tidak setengah jam untuk membereskan kamarnya.

BACA JUGA:
Perhatikan Hal Berikut Jika Anda Sekamar Dengan Anak
Singkirkan Barang-Barang Ini Agar Apartemen Selalu Rapi & Nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *