6 Fungsi Tak Terduga Silica Gel

Silica gel

Saat membeli sepasang sepatu baru, tidak jarang Anda menemukan kemasan kecil bertuliskan silica gel. Sebagian besar orang mengetahui fungsi silica gel adalah untuk membuat sepatu lebih awet. Selain biasa ditemukan di dalam kotak sepatu, kini silica gel juga sudah banyak ditemukan di rak-rak pusat perbelanjaan di bagian perlengkapan rumah tangga. Selain sebagai bahan pengawet sepatu, lantas apa saja fungsi tak terduga dari silica gel ini? Berikut penjelasannya.

Pengharum Ruangan

Dengan trik mudah ini, Anda dapat mengubah silica gel menjadi pengharum ruangan. Rendam selica gel ke dalam larutan pewangi atau essensial oil selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu masukkan selica gel ke dalam kantung berpori. Kantung ini dapat Anda gantung di pendingin ruangan atau di sudut ruangan dan aroma harum akan menyeruak dan menyegarkan ruangan.

Menjaga Dokumen Penting

Seringnya dokumen penting, seperti paspor, sertifikat, surat nikah, ijazah dan yang lainnya disimpan di dalam lemari dalam waktu yang lama. Jika tidak diperhatikan, dokumen tersebut dapat menjadi usang, robek bahkan hancur karena termakan usia. Agar dokumen tersebut aman dalam waktu yang lama, masukkan beberapa silica gel ke dalam lemari penyimpanan dokumen tersebut.

Menjaga Lensa Kamera

Harga kamera dan lensanya yang terbilang cukup mahal membuat Anda harus benar-benar berhati-hati dalam menyimpan benda tersebut. Jika penyimpanan tidak tepat, lensa kamera dapat dengan mudah menjamur dan tidka bisa digunakan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sisipkan silica gel ke dalam kantung penyimpanan lensa.

Menjaga Pakaian

Di dalam lemari penyimpanan pakaian, tidak jarang ditemukan pakaian yang menjadi rusak karena berjamur. Udara di dalam lemari yang lembap dapat membuat pakaian menjadi berjamur dan mudah rusak. Agar pakaian di dalam lemari tetap awet dan bebas jamur, masukkan beberapa silica gel di sela-sela pakaian. Silica gel juga mampu mencegah warna pakaian menjadi kusam saat disimpan dalam waktu yang lama.

Mencegah Karat Pada Pisau Cukur

Silica gel mampu menyerap air dan membuat udara di sekitarnya menjadi lebih kering. Oleh karena itu silica gel juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya karat pada pisau cukur. Setelah selesai digunakan, simpan pisau cukur tersebut di wadah yang sudah ditambahkan silica gel.

Mengawetkan Bumbu Dapur

Bagi Anda yang gemar memasak, tentu memiliki koleksi bumbu dapur yang lengkap atau bahkan organik. Jika tidak digunakan dan disimpan dalam waktu yang lama, bumbu tersebut bisa dengan mudah menjamur dan menjadi apak. Agar bumbu dapur tersebut lebih awet, masukkan silica gel ke dalam toples penyimanan bumbu dapur Anda.

BACA JUGA:
Tips Menjaga Apartemen Agar Selalu Rapi
Trik Memilih Lantai Terbaik Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *