Trik Jaga Aroma Dapur Apartemen Tetap Harum

Kitchen interior

Tinggal di sebuah hunian tinggi, atau apartemen kini menjadi salah satu tren tersendiri bagi kalangan masyarakat yang hidup di daerah perkotaan. Di apartemen, segala kegiatan sehari-hari pun dilakukan layaknya tinggal di perumahan, termasuk memasak. Di dapur apartemen yang biasanya memiliki ukuran kecil, tentu aroma masakan bisa tercium di seluruh ruangan apartemen dengan mudah.

Terlebih saat terdapat bahan makanan yang bisa membuat aroma dapur menjadi tidak sedap, tentunya ruangan lain juga akan terpengaruh. Agar dapur apartemen tetap harum dan terjaga dari aroma yang tidak sedap, maka ada beberapa trik mudah yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan beberapa bahan yang terdapat di dapur Anda.

Cuka

Biasanya cuka digunakan saat memasak makanan tertentu. Selain digunakan untuk memasak, cuka juga dapat digunakan untuk menjaga dapur dari aroma tidak sedap. Caranya tuangkan 1 sendok teh cuka ke dalam setengah gelas air. Selanjutkan tempatkan gelas berisi cuka dan air tersebut di sudut dapur. Cuka dapat menyerap berbagai aroma tidak sedap yang biasa muncul di dapur.

Kayu Manis

Selain cuka, Anda juga dapat menggunakan kayu manis untuk menghilangkan bau tidak sedap dan juga membuat aroma dapur menjadi lebih nyaman seperti toko roti. Caranya panggang beberapa batang kayu manis di atas wajan tanpa minyak. Selama pemanasan biarkan aroma dari kayu manis menguap dan mengganti bau tidak sedap menjadi aroma manis yang nyaman.

Lemon

Selain menjadi salah satu buah yang kaya akan antioksidan, lemon ternyata juga ampuh untuk menghilangkan aroma tidak sedap di dapur Anda. Caranya ambil beberapa irisan lemon kemudian rebus di dalam panci berisi air. Biarkan tutup panci terbuka. Uap air yang dikeluarkan dari hasil rebusan buah lemon tersebut akan mengusir aroma tidak sedap di dapur apartemen Anda. Air sisa rebusan pun masih bisa Anda manfaatkan untuk memasak atau mencuci peralatan masak. Selain buah lemon, Anda juga dapat menerapkan cara yang sama dengan menggunakan daun mint untuk mengusir bau tak sedap di dapur.

Bersihkan Peralatan Masak

Selain menggunakan beberapa bahan yang bisa ditemukan di dapur, menjauhkan dapur dari aroma tidak sedap juga bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan. Biasakan langsung membersihkan setiap peralatan memasak setelah memasak. Membiarkan peralatan memasak yang kotor di dapur dapat membuat aroma dapur menjadi tidak sedap dan dapur akan terlihat kotor.

Jangan Menumpuk Sampah

Selain membersihkan peralatan dapur, kebiasaan lain yang harus dihilangkan adalah menumpuk sampah. Biasakan untuk membuang sampah setiap hari. Meskipun kantong sampah masih belum penuh, sebaiknya jangan membiarkannya teronggok lebih dari satu hari. Sampah yang menumpuk akan membuat aroma dapur menjadi tidak sedap dan juga mengundang penyakit karena dapur menjadi tidak higienis.

BACA JUGA:
6 Fungsi Tak Terduga Silica Gel
Tips Menjaga Apartemen Agar Selalu Rapi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *