Tips Kamar Mandi Bebas Lembap dan Jamur

kamar mandi

Dalam sebuah hunian baik rumah maupun apartemen, kamar mandi adalah salah satu ruangan penting yang wajib keberadaannya. Sebagai salah satu ruangan penting dalam hunian, kamar mandi wajib dijaga kebersihannya. Kamar mandi yang bersih akan memberi pengaruh yang baik bagi kesehatan para penghuni di dalam rumah maupun apartemen. Namun biasanya masalah yang sering muncul di kamar mandi adalah lembap dan jamur. Agar kamar mandi Anda terbebas dari lembap dan jamur, berikut tips yang bisa dilakukan.

Pilih Material Yang Tepat

Saat membangun sebuah hunian, sebaiknya pastikan material yang digunakan untuk kamar mandi dipilih dengan baik dan tepat. Hindari menggunakan material yang dapat menyerap air karena hal tersebut akan dapat membuat kamar mandi menjadi mudah lembap dan berjamur. Pilih material seperti granit, keramik atau marmer untuk kamar mandi Anda. Material tersebut tidak menyerap air sehingga kamar mandi tidak mudah lembap dan berjamur.

Jaga Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik dapat menghindarkan sebuah ruangan dari masalah lembap dan jamur. Agar sirkulasi udara dapat terjaga dengan baik, Anda dapat membangun kamar mandi dengan jendela yang dapat dibuka atau tutup. Namun jika tidak nyaman dengan memasang jendela, Anda dapat membuat lubang ventilasi di bagian atas kamar mandi atau memasang exhause fan. Kamar mandi tanpa sirkulasi udara yang baik akan membuatnya menjadi lebih mudah lembap, berjamur dan beraroma tidak sedap.

Jaga Kamar Mandi Tetap Kering

Jika selama ini Anda berpikir bahwa kamar mandi yang bersih adalah kamar mandi yang basah, maka hal tersebut tidaklah tepat. Tempat yang selalu basah cenderung akan mudah lembap dan kelembapan akan dapat memicu munculnya jamur dan berkembangnya bakteri. Jadi jaga kamar mandi Anda agar tetap kering.

Bersihkan Kamar Mandi Secara Rutin

Membersihkan kamar mandi secara rutin penting untuk mencegah munculnya jamur dan kerak. Membiarkan kamar mandi berkerak bukanlah hal yang tepat jika Anda ingin kamar mandi terhindar dari jamur dan akan membuat kamar mandi terlihat jorok. Gunakan cairan pembersih kamar mandi untuk menghilangkan jamur dan kerak yang muncul dan jangan lupa menggunakan sarung tangan saat membersihkan kamar mandi.

Beri Pewangi Kamar Mandi

Agar suasana kamar mandi nyaman dan terhindar dari lembap dan jamur, Anda dapat meletakkan pewangi kamar mandi dengan aroma favorit, seperti lavender, lemon, atau pinus. Namun jika Anda ingin memberikan aroma dengan bahan yang lebih alami, Anda dapat menggunakan air hangat yang sudah diberi potongan buah lemon. Siramkan air tersebut di lantai kamar mandi Anda dan aroma lemon yang nyaman akan memenuhi kamar mandi.

BACA JUGA:
Waspada Godaan Iklan Properti Berbahaya
Trik Jaga Aroma Dapur Apartemen Tetap Harum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *