Tips Perawatan Furniture Berbahan Rotan

rotan

Saat ini ada beragam jenis material yang digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan furniture, mulai dari kayu, besi, hingga rotan. Rotan merupakan salah satu material dasar pembuatan furniture yang sudah digunakan sejak lama.

Selain karena harganya lebih murah dibandingkan dengan furniture berbahan kayu namun dengan ketahanan yang sama, furniture berbahan rotan sangatlah cocok untuk melengkapi keindahan rumah atau apartemen, baik indoor maupun outdoor.

Tidak hanya itu, furniture berbahan rotan biasanya juga lebih ringan sehingga cukup mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Agar perabot dari rotan dapat bertahan lama, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, terutama dalam hal perawatan. Simak tips merawat perabot dari rotan berikut ini.

Bersihkan Seminggu Sekali

Agar debu tidak menempel dan menumpuk, bersihkan perabot dari rotan minimal seminggu sekali. Gunakan lap kering untuk membersihkan debu yang menempel. Anda tidak perlu menggunakan cairan pembersih kimia karena dapat membuat perabot justru cepat rusak.

Gunakan Vacuum Cleaner

Biasanya furniture dari rotan dibuat dengan cara dianyam, sehingga debu bisa menempel di sela-sela anyaman rotan tersebut. Untuk membersihkannya Anda dapat menggunakan vacuum cleaner. Sedangkan untuk menghilangkan noda membandel, Anda dapat menggunakan lap dan semprotan air bersih.

Cat Ulang

Agar perabot rotan Anda tetap tampak seperti baru, Anda dapat mengecatnya ulang saat warnanya sudah mulai memudar atau catnya mulai mengelupas. Cat yang digunakan pun tidak berbeda dari cat untuk melapisi furniture. Hal ini akan membuat furniture rotan Anda tampak mengkilap seperti baru dan juga lebih awet.

Letakkan Di Area Sejuk

Agar furniture rotan tidak mudah pudar atau rusk, letakkan furniture tersebut di tempat yang sejuk, tidak terkena hujan atau sinar matahari secara langsung. Air hujan dan sinar matahari langsung dapat membuat perabot Anda menjadi cepat rusak.

Larutan Kamper

Agar furniture rotan Anda tidal diserang oleh rayap, Anda dapat menyemprot furniture tersebut dengan larutan capuran kamper dan minyak tanah. Semprotkan larutan tersebut di beberapa bagian yang terdapat lubang-lubang yang dibuat rayap. Hal ini pun dapat dilakukan sebagai pencegahan agar perabot rotan Anda tidak digerogoti oleh rayap.

BACA JUGA:
Inspirasi Desain Apartemen Studio Ala Swedia
Tips Memilih Penerangan Yang Tepat Untuk Kamar Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *