Kondisi Hunian Ternyata Bisa Pengaruhi Prestasi Belajar Anak

anak-belajar

Memiliki rumah atau apartemen yang nyaman tentu menjadi keinginan setiap orang. Tidak hanya membuat para penghuni merasa tenang, memiliki hunian ideal ternyata juga berpengaruh pada prestasi belajar anak.

Beberapa kondisi hunian bahkan dapat membuat prestasi belajar anak menurun. Lantas kondisi hunian seperti apa saja yang bisa membuat prestasi belajar anak menurun? Simak ulasannya berikut ini.

Terlalu Gelap

Kondisi hunian yang gelap dapat membuat semangat belajar anak menurun. Ruangan yang gelap dapat menurunkan motivasi anak untuk belajar. Ruangan yang kurang pencahayaan juga dapat membuat anak menjadi mudah mengantuk saat belajar.

Terlalu Sempit

Ruangan yang sempit dapat membuat anak merasa tertekan saat berada di dalamnya. Jika kamar anak Anda terasa terlalu sempit dan terlalu banyak barang, maka tidak ada salahnya Anda turun tangan dan membantunya untuk membersihkan kamarnya. Agar suasana menjadi lebih segar, Anda dapat mengubah posisi perabot dan menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi digunakan.

Banyak Barang Menumpuk

Membiarkan barang menumpuk berarti juga membuka kesempatan untuk debu-debu menumpuk dan bersarang di sana. Selain itu ruangan juga akan terasa sempit dan sesak dengan adanya banyak barang. Rapikan ruangan agar anak merasa leluasa dan menghindari debu yang dapat mengganggu pernapasan menumpuk.

Halaman Yang Tak Terurus

Halaman ditujukan untuk memberikan penyegaran saat seseorang tiba di rumah setelah beraktivitas di luar. Jika kondisi halaman tidak terurus dengan rumput yang kering dan tanaman yang mati, maka fungsi halaman tidak akan dapat dirasakan. Halaman yang hijau dan terawat akan dapat menghilangkan rasa lelah bagi yang memandangnya.

Aroma Tidak Sedap

Aroma tak sedap tidak hanya berasal dari sampah tetapi juga bau karbol usai Anda membersihkan lantai atau kamar mandi. Meskipun terkesan higienis, namun aroma karbol yang menyengat juga dapat membuat anak merasa tidak nyaman berada di ruangan. Pilih jenis pembersih dengan aroma yang menenangkan.

BACA JUGA:
Tips Perawatan Furniture Berbahan Rotan
Inspirasi Desain Apartemen Studio Ala Swedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *