Tips & Trik Aman Saat Harus Tinggal Sendirian

tinggal-sendirian

Tinggal di apartemen atau rumah sendiri tentu menjadi  hal yang menyenangkan. Anda dapat melakukan segalanya sendiri tanpa gangguan orang lain. Anda pun tidak perlu berebut atau menunggu giliran saat ingin menggunakan kamar mandi di pagi hari.

Namun tinggal sendirian di dalam rumah atau apartemen pun tidak terlepas dari resiko kriminalitas. Simak beberapa tips berikut agar Anda merasa aman dan nyaman saat tinggal sendirian.

Pencahayaan

Semakin baik pencahayaan yang dimiliki sebuah hunian, maka semakin kecil pula hunian tersebut akan menjadi target kriminalitas. Oleh karena itu jika Anda tinggal sendirian di dalam hunian, maka atur pencahayaan yang ada pada hunian tersebut dengan baik. Nyalakan lampu teras dan tepi jalan di malam hari.

Buat Kesan Rumah Ramai

Sebaiknya agar Anda lebih aman, buat kesan agar tidak ada orang asing yang menyadari bahwa sebenarnya Anda tinggal sendirian di dalam rumah. Caranya mudah, Anda dapat meletakkan sebuah sepatu pria di area teras, atau meletakkan sebuah mangkuk makanan anjing di depan rumah. Jika memang memungkinkan, tidak ada salahnya untuk mengundang teman atau kerabat untuk menemani Anda di rumah.

Penguncian Yang Aman

Jika Anda tinggal di hunian sewa, baik rumah maupun apartemen, maka sebaiknya Anda menyediakan kemanan ganda dengan memberikan gembok di pintu atau tempat-tempat yang penting. Pasalnya rumah atau apartemen sewa biasanya memiliki cukup banyak kunci duplikat. Jadi jangan hanya mengandalkan kunci yang ada di pintu atau jendela.

Pasang Sistem Keamanan

Jangan menganggap bahwa memasang CCTV adalah suatu hal yang berlebihan. Saat ini memasang kamera pengawas merupakan bentuk investasi keamanan berharga untuk hunian Anda. Namun jika memasang CCTV masih terlalu mahal untuk Anda, maka Anda dapat menyiasatinya dengan memasang kamera pengawas palsu untuk mengelabuhi para penjahat.

Kenali Tetangga Anda

Tinggal sendirian bukan berarti Anda tidak mau mengenal lingkungan sekitar tempat Anda tinggal. Saat Anda mengenal lingkungan dengan baik, dan ada banyak orang yang mengenal Anda, maka hunian Anda pun dapat lebih terpantau dan juga menjadi lebih aman. Misalnya, saat Anda pergi meninggalkan rumah untuk beberapa hari, tentu tetangga Anda dapat membantu Anda untuk mengawasi rumah yang Anda tinggalkan.

BACA JUGA:
Mengapa Mengasuransikan Hunian Itu Penting?
Inspirasi Kamar Tidur Bernuansa Urban Jungle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *