Tips Agar Tak Terjebak Investasi Bodong

Investment budget local government

Saat seseorang terjun dalam bisnis investasi, tentu yang diharapkan adalah memperoleh keuntungan yang berlimpah. Dengan beragam penawaran investasi yang memberikan hasil berkali lipat, tentu siapapun akan merasa tergiur.

Namun tidak semua orang yang berinvestasi memperoleh hasil yang diharapkan. Tidak sedikit pelaku investasi hanya mendapat janji manis dan hanya memperoleh kerugian karena terjebak penawaran investasi bodong.

Agar Anda tidak terjebak dalam penawaran investasi bodong, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak tipsnya berikut ini.

Cari Informasi Sedetail Mungkin

Sebelum Anda menginvestasikan uang Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi sedetail mungkin dari lembaga yang menawarkan investasi tersebut. Lakukan kroscek secara menyeluruh terkait lembaga, karyawan, produk dan rekam jejak dari lembaga tersebut.

Datangi Secara Langsung

Sangat penting untuk mengetahui secara langsung produk investasi yang akan Anda tanami modal. Jika berupa properti, maka Anda perlu datang ke lokasi dimana properti akan atau sedang dibangun. Sedangkan jika berupa hewan Qurban, maka Anda juga harus tahu bagaimana produk tersebut disiapkan dan dipasarkan.

Lihatlah Resiko Secara Utuh

Dalam berinvestasi, sebaiknya Anda tidak hanya melihat keuntungan yang akan diperoleh, tetapi juga resiko yang dapat terjadi. Jadi selain memperhitungkan keuntungannya, Anda juga perlu secara rinci untuk menganalisis resiko secara menyeluruh. Semakin besar keuntungan yang dapat Anda peroleh, maka semakin tinggi pula resiko kerugian yang dapat terjadi.

Hindari Promotor Yang Tidak Jelas

Promotor adalah orang yang memberikan informasi tentang rencana bisnis kepada para calon investor. Jika promotor tidak memahami secara detail tentang rencana bisnis perusahaan, maka Anda perlu mempertanyakan apakah mereka benar-benar dapat memberikan keuntungan seperti yang Anda harapkan.

BACA JUGA:
Tips & Trik Aman Saat Harus Tinggal Sendirian
Mengapa Mengasuransikan Hunian Itu Penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *