7 Area Ini Penting Untuk Ciptakan Hunian Sehat

rumahkecil1

Rumah atau apartemen yang sehat merupakan salah satu syarat pendukung untuk memperoleh hidup yang sehat pula. Hunian tidak harus mewah untuk dapat memenuhi syarat hunian sehat. Ada beberapa hal yang menjadi penentu sehatnya sebuah hunian. Simak ulasannya berikut ini.

Lantai

Salah satu hal yang menjadi syarat sehat sebuah hunian adalah lantai yang kedap air. Selain kedap air, lantai juga harus bebas dari debu yang dapat menjadi sarang penyakit. Saat ini lantai banyak terbuat dari beragam bahan, mulai dari semen, ubin, kayu atau keramik. Pemilihan material ini penting agar lantai licin.

Ventilasi Udara

Selain lantai, sirkulasi udara di dalam hunian juga menjadi penentu sehatnya sebuah hunian. Aliran sirkulasi udara yang lancar dapat membuat hunian menjadi terasa segar. Sirkulasi udara dapat berjalan lancar dengan sistem ventilasi yang baik, mulai dari tersedianya jendela dan juga lubang-lubang angin.

Pembuangan Limbah

Setiap hari hunian menghasilkan limbah, mulai dari limbah kamar mandi, dapur dan juga sampah. Agar limbah tersebut tidak mencemari lingkungan, sebuah hunian harus memiliki septic tank dan sistem pembuangan limbah air yang baik.

Atap & Langit-langit

Pemilihan material atap dan tinggi langit-langit juga sangat mempengaruhi suhu udara di dalam hunian. Di Indonesia, atap genting tanah liat merupakan material yang paling pas untuk hunian di daerah tropis. Tinggi langit-langit juga sangat penting untuk diperahatikan agar udara di dalam ruangan tidak terasa panas.

Polusi & Kontaminasi

Dari dalam hunian, dapur merupakan area penghasil polusi yang dapat mengganggu kenyamanan penghuni. Jika tidak tersedia saluran pembuangan asap yang baik, asap dapur dapat mengganggu dan mencemari ruangan lain. Selain itu Anda juga harus bijak dalam memilih cat yang terbuat dari bahan berbahaya. Bahan cat dapat mengganggu sistem pernafasan.

Air Bersih

Hunian yang sehat juga harus memiliki persediaan yang cukup bagi para penghuninya. Sebuah hunian yang sehat harus memiliki minimal 60 liter per hari per orang untuk memenuhi kebutuhan hidup atas air, mulai dari minum, mandi, mencuci dan yang lainnya.

Pencahayaan

Pencahayaan juga merupakan syarat untuk hunian sehat. Tanpa pencahayaan yang cukup hunian akan menjadi lembab sehingga sangat rawan muncul bibit penyakit. Pastikan hunian Anda memiliki pencahayaan yang cukup.

BACA JUGA:
Persiapkan Hal Ini Jika Anda Akan Pindah Rumah
Menyimak Peruntungan Posisi Hunian Di Tahun Ayam Api 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *