Tips Sukses Cicil Rumah Untuk Para Pengantin Baru

pasangan

Usai pesta pernikahan digelar, hidup pasangan pengantin pun memasuki babak baru. Ada banyak keinginan dan harapan yang ingin diwujudkan bersama, salah satunya adalah memiliki hunian idaman.

Hunian, baik rumah maupun apartemen merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting untuk menjalankan sebuah keluarga. Namun karena tingginya harga rumah dan masih terbatasnya penghasilan membuat pengantin baru kesulitan untuk langsung membeli rumah.

Sehingga untuk sementara waktu mereka memutuskan untuk tinggal bersama orang tua atau mertua ataupun mengontrak rumah. Solusi lain adalah dengan memanfaatkan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Simak trik berikut agar Anda, para pengantin baru bisa sukses mencicil rumah idaman.

Cek Utang

Sebelum mengajukan KPR, pastikan Anda dan pasangan tidak sedang terlibat utang yang sedang berjalan. Jika sebelumnya pernah terlibat utang dan sudah terlunasi, pastikan setiap urusan yang berkaitan dengan utang tersebut sudah terselesaikan secara tuntas. Idealnya, sebelum mengajukan KPR, Anda harus terbebas dari utang minimal enam bulan sebelumnya.

Menabung

Ada banyak bank yang menawarkan fasilitas KPR untuk para nasabahnya. Oleh karena itu, mulailah menabung di bank, terutama di bank yang Anda incar untuk memperoleh fasilitas KPR. Selain untuk dapat menyisihkan dana, menabung di bank juga akan dapat memudahkan pihak bank untuk menganalisa keuangan Anda.

Tentukan Cicilan

Lakukan penghitungan dengan cermat dan tepat nilai penghasilan Anda dan pasangan setiap bulannya. Hitung juga pengeluaran rutin pada setiap bulannya. Angka selisih dari pendapatan dan pengeluaran tersebut dapat Anda jadikan acuan nilai cicilan rumah.

Data Pribadi

Untuk mengajukan KPR, Anda tentu juga tidak boleh melupakan segala berkas dan data yang dibutuhkan. Oleh karena itu mulai persiapkan data-data pribadi Anda dan pasangan, mulai dari e-KTP, surat nikah, kartu keluarga, slip gaji, NPWP, dan persyaratan pendukung yang lain.

BACA JUGA:
Tips Mengubah Loteng Jadi Kamar Yang Nyaman
Keuntungan Beli Rumah Lewat KPR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *