Jangan Tertipu! Ketahui Tiga Ciri Developer Properti Terpercaya

jabat tangan

Developer atau pengembang properti adalah salah satu pihak yang memiliki peran penting dalam hal transaksi properti. Dari pengembang properti pula masyarakat dapat memperoleh hunian, baik rumah maupun apartemen idaman mereka.

Ada banyak pengembang properti yang dapat Anda temukan yang menawarkan beragam produk properti unggulan. Namun tidak semua pengembang properti tersebut merupakan pengembang yang terpercaya. Agar tidak tertipu dan merasa rugi, Anda perlu menyimak tiga ciri yang dimiliki oleh pengembang terpercaya berikut ini.

Kredibilitas

Pengembang yang terpercaya akan berdiri dalam bentuk perusahaan yang jelas. Keberadaan status perusahaan ini sangatlah penting karena akan berhubungan dengan legalitas hukum terhadap properti yang diperjual belikan, seperti PPJB, dan akta jual beli (AJB)

Agar lebih aman, pilih pengembang yang sudah memiliki nama dan cukup dikenal oleh para konsumen properti. Selain itu pengembang yang sudah go public biasanya tidak akan memiliki kendala terhadap peraturan perbankan karena sumber dana yang dimiliki sudah ada dan mencukupi.

Legalitas

Sebagai konsumen, Anda perlu mempertanyakan terbitnya sertifikat induk pada lahan dimana perumahan akan dibangun. Tidak jarang pengembang menjadikan sertifikat induk tersebut jaminan atau diagunkan ke bank untuk menjalankan proyek tersebut. Jika demikian, Anda perlu melihat adanya Akta Pemberian Hak Tanggungan dan Sertifikat Hak Tanggungan.

Sebaiknya hindari membeli properti dimana legalitas lokasi perumahan tersebut masih berupa izin karena resikonya sangat tinggi.

Komitmen

Untuk menarik konsumen, pengemban biasanya menawarkan beragam fasilitas yang dapat dinikmati oleh konsumen nantinya. Pengembang yang baik tidak akan sekedar memberikan janji manis, tetapi juga berkomitmen untuk mewujudkan janjinya tersebut.

BACA JUGA:
Kiat Beli Furniture Antik Secara Tepat
Jawa Barat Kembali Jadi Penyedia Rumah Subsidi Terbesar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *