Tips Ciptakan Apartemen Ramah Anak & Balita

anakanak

Memiliki anak yang sedang dalam usia tumbuh kembang memang sangat menyenangkan, terutama saat melihat berbagai tingkah lucu mereka. Namun dengan keingintahuan yang besar dan keinginan mengeksplorasi yang tinggi, Anda sebagai orang tua pun harus memastikan lingkungan di sekitar anak aman dan juga nyaman.

Jika Anda tinggal di apartemen dan memiliki balita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar apartemen tersebut aman untuk anak Anda bereksplorasi dan mengenal lingkungannya. Simak tipsnya berikut ini.

Pilih Furniture yang Tepat

Dalam memilih furniture, sebaiknya pilihlah dengan bahan yang tidak menimbulkan alergi pada anak. Selain itu pilih desain furniture yang memiliki sedikit sudut tajam agar saat anak-anak aman saat bergerak disekitarnya.

Amankan Semua Sudut Tajam

Jika Anda sudah terlanjur membeli furniture yang memiliki banyak sudut tajam, maka Anda perlu mengamankannya dengan menggunakan karet pengaman. Hal ini untuk mencegah anak-anak terluka saat bermain di sekitarnya.

Beli Alat Pengunci Lemari Ramah Anak

Dengan rasa ingin tahu yang besar, selalu ada saja yang dapat menarik perhatian anak-anak. Oleh karena itu Anda perlu memastikan setiap lemari tertutup dan terkunci. Jika ada laci atau lemari yang tidak memiliki kunci, Anda dapat menguncinya dengan menggunakan pengunci lemari yang ramah anak.

Gunakan Pagar Pembatas

Dengan anak-anak yang selalu bergerak aktif, tidak jarang ada kejadian di mana bayi atau anak-anak terjatuh dari tangga atau tempat tidur. Oleh karena itu, jika ada tangga di apartemen Anda, maka pasanglah pagar pembatas untuk mencegah anak jatuh dari tangga atau tempat tidur. Gunakan juga pagar di area-area yang kurang aman, seperti dapur.

Pastikan Lantai Selalu Bersih

Penting untuk memastikan kondisi lantai agar selalu bersih. Anak-anak yang sedang aktif merangkak dan berjalan akan banyak menghabiskan waktu bermain di lantai. Dengan menjaga lantai tetap bersih, Anda juga mencegah berbagai munculnya penyakit berbahaya yang mengancam kesehatan anak.

Amankan Semua Stop Kontak

Dengan rasa penasaran yang tinggi, anak dan balita bisa saja memasukkan jarinya ke lubang stop kontak listrik. Oleh karena itu tutuplah semua stop kontak yang ada di apartemen Anda untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi pada anak Anda.

BACA JUGA:
Tips & Trik Terapkan Bata Ekspose di Interior Hunian
Para Pekerja Lepas Kini Bisa Cicil Rumah dengan Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *