Desain Gedung Perkantoran Unik Ini Jadikan Waduk Sebagai ‘Jantung’

kantor

Perkembangan teknologi yang kian pesat membuat manusia dapat menciptakan beragam bangunan dengan desain unik. Jika selama ini gedung perkantoran dibuat menjulang ke atas dan mencakar langit, tidak demikian dengan ruang perkantoran yang ada di Mumbai, India ini.

Sebuah perusahaan arsitek asal Mumbai, Sanjay Puri Architects merancang sebuah konsep bangunan perkantoran ramah lingkungan dengan sebuah waduh indah sebagai pusatnya. Desain perkantoran unik ini terinspirasi dari sebuah sumur tradisional yang menjadi sumber air bagi masyarakat India.

kantor2

Dengan penggunaan lahan sebesar 95 hektare, bangunan ini nantinya akan menghubungkan kawasan hunian dan komersial dengan waduk sebagai jantungnya. Proyek ini nantinya akan dibangun di kawasan Rajasthan, India yang dikenal sebagai salah satu wilayah yang cukup gersang.

Dengan menggunakan desain ini, diharapkan waduk sebagai pusat bangunan ini dapat menjadi area penampung air yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai sumber air tambahan. Air yang yang tertampung nantinya akan dimanfaatkan sebagai pemasok air untuk seluruh kompleks bangunan tersebut.

Selain itu, proyek ini juga memiliki desain air tersembunyi yang dapat menurunkan suhu iklim mikro secara langsung. Hal ini akan dapat menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan serta dapat menghemat penggunaan energi, terutama dalam penggunaan pendingin udara.

BACA JUGA:
Tips Memilih Jasa Kontraktor Dengan Tepat
Harga Tanah Jadi Kendala Terwujudnya Program KPR Mikro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *