Persiapan Agar Pengajuan KPR Berjalan Lancar

rumah-aman

Dengan semakin tingginya harga rumah membuat sebagian orang kesulitan untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk dapat membeli rumah adalah dengan mengajukan KPR.

Namun mengajukan KPR pun tidak semudah yang dibayangkan. Bank sebagai penyedia dana memiliki penilaian tersendiri terhadap kredit KPR yang diajukan. Agar pengajuan KPR dapat berjalan lebih mudah, lakukan beberapa persiapan berikut ini.

Buat Target Sejak Jauh Hari

Dengan harga yang tinggi, membeli rumah bukanlah perkara sederhana seperti membeli barang elektronik. Oleh karena itu persiapkan hal ini secara matang. Anda perlu menentukan target harga rumah yang akan dibeli melalui KPR. Dengan demikian Anda juga dapat memperkirakan nilai DP yang diperlukan dan juga menghitung segala biaya tambahan lainnya.

Membuat Buku Kas

Agar setiap pengeluaran dan pemasukan dapat tercatat dengan rinci, Anda dapat menuliskannya dengan cermat di buku kas. Anda dapat membuat buku kas secara manual atau dengan menggunakan aplikasi kas online yang tersedia di smartphone. Dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan di dalam buku kas, Anda akan lebih mudah menentukan prioritas dan juga batas pengeluaran maksimal setiap bulannya.

Menabung di Bank yang Memiliki Fasilitas KPR

Untuk menabung, pilihlah bank yang menawarkan fasilitas KPR. Sebagai nasabahnya, Anda akan dapat dengan mudah memanfaatkan fasilitas tersebut nantinya. Pengajuan pun akan lebih mudah untuk disetujui jika bank sudah memiliki catatan keuangan Anda sebagai nasabahnya.

Beli Emas

Selain menabung di bank, salah satu cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menabung dan berinvestasi adalah dengan membeli emas. Investasi emas adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menambang pundi-pundi tabungan karena nilainya yang stabil dan jarang terpengaruh inflasi.

Sesuaikan Angsuran KPR dengan Penghasilan

Jika tabungan untuk DP sudah terkumpul, maka hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah cicilan KPR. Jangan memaksakan diri untuk membuat nilai cicilan yang besar untuk memperpendek masa cicilan agar cicilan tidak menjadi beban bagi Anda dan keluarga.

Nilai angsuran harus sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Biasanya bank memiliki aturan nilai angsuran tidak boleh lebih dari 30 % dari penghasilan setiap bulannya.

BACA JUGA:
Unik, Fotografer Ini Ubah Van Jadi Rumah Berjalan
Desain Gedung Perkantoran Unik Ini Jadikan Waduk Sebagai ‘Jantung’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *