Agar Tak Salah Pilih Saat Beli Apartemen Second

apartemen-wanita-lajang

Memiliki apartemen sebagai tempat tinggal tentu menjadi suatu hal yang cukup membanggakan. Namun tidak semua orang dapat membeli apartemen yang baru. Membeli apartemen bekas atau second pun tidak menjadi masalah.

Jika Anda berencana untuk membeli apartemen second ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar tidak salah pilih. Simak tipsnya berikut ini.

Memeriksa Kondisi

Hal penting yang harus dilakukan sebelum membeli apartemen second adalah mengecek kondisi unit apartemen yang ditawarkan. Meskipun Anda mendapatkan penawaran dengan harga murah, jangan terburu-buru memutuskan. Cek kondisi apartemen tersebut apakah masih dalam keadaan yang prima, tidak ada cacat, retak, atau bagian dinding yang mengelupas dan berjamur.

Selain mengecek kondisi fisik, penting juga untuk memastikan saluran air, dan instalasi listrik berjalan dengan baik. Hal ini penting untuk dilakukan karena memperbaiki unit apartemen yang rusak membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Fasilitas

Dalam iklan tidak jarang penjual juga menjelaskan mengenai fasilitas apa saja yang dapat Anda peroleh di apartemen tersebut. Jika demikian, Anda perlu memastikan apakah kelengkapan fasilitas yang ada di apartemen sesuai seperti yang disebutkan di dalam iklan. Beberapa fasilitas wajib yang harus dimiliki sebuah apartemen adalah jaringan listrik, air, telepon, perbelanjaan, taman bermain dan dekat dengan rumah sakit.

Lokasi yang Berkembang

Jangan membeli apartemen second hanya karena tergiur oleh harga yang murah. Anda pun perlu memastikan apakah apartemen tersebut berada di lokasi yang sudah berkembang. Hal ini berkaitan dengan investasi masa datang. Jika suatu saat Anda harus menjual apartemen tersebut, maka Anda akan mendapatkan keuntungan karena harga apartemen di lokasi yang sudah berkembang tentu akan mudah naik.

Legalitas

Memiliki legalitas adalah hal esensial yang harus dimiliki oleh apartemen, baik second maupun baru. Pastikan Anda tidak membeli apartemen di lahan yang sedang bersengketa. Pastikan apartemen yang akan Anda beli memiliki surat izin yang jelas, seperti Surat Izin Mendirikan Bangunan, dan surat kelengkapan lainnya. Jika apartemen tersebut memiliki riwayat perizinan yang buruk, sebaiknya cari apartemen di lokasi yang lain.

Harga

Membeli apartemen second, Anda harus dapat menawar agar mendapatkan harga terbaik sesuai dengan kondisi apartemen tersebut. Hal ini berkaitan dengan nilai investasi yang akan Anda dapatkan saat Anda terpaksa harus menjual apartemen tersebut di masa yang akan datang.

BACA JUGA:
Kelebihan Investasi & Bisnis Properti
Ingin Punya Taman di Apartemen? Simak Tips & Triknya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *