Terapkan Desain Unik, Rumah Mungil Ini Mampu Dihuni 6 Orang

rumahmungil2

Dengan semakin terbatasnya lahan dan semakin tingginya harga tanah, masyarakat dituntut untuk dapat memilih desain rumah yang terbaik yang dapat berfungsi secara maksimal. Salah satu contohnya adalah seperti yang diterapkan di rumah yang satu ini.

Sebuah rumah berukuran 42,7 meter persegi ini didesain secara unik dan kreatif namun memberikan hasil yang maksimal. Dengan luas tersebut, sebuah rumah biasanya hanya dapat menampung dua hingga tiga orang saja. Namun rumah di China tersebut ternyata mampu dihuni hingga 6 orang.

Pada awalnya mungkin terdengar tidak masuk akal dan sangat dipaksakan, namun kenyataannya rumah di negeri tirai bambu tersebut berfungsi secara maksimal dengan sarana dan prasarana penunjang yang cukup lengkap, bahkan tersedia sebuah area bermain dengan karpet rumput sebagai alas.

Rumah mungil tersebut merupakan hasil karya perusahaan lokal, yakni B.L.U.E Architecture. Bangunan tersebut dikembangkan dengan cerdas dengan memanfaatkan setiap inci ruangan yang ada.

rumahmungil1

Dengan ukuran yang kecil, rumah tersebut dituntut untuk memiliki kemampuan fleksibilitas yang tinggi. Untuk itu desain dinding bangunan pun dibuat agar dapat dengan mudah digeser sesuai kebutuhan. Jadi luas masing-masing ruangannya dapat dengan mudah disesuaikan.

Selain luasnya yang terbatas, B.L.U.E Architecture juga menghadapi tantangan tersendiri karena bentuk lahan yang tersedia berbentuk ‘L’ yang terapit dinding dan gedung. Hal ini membuat bangunan memiliki asupan cahaya alami yang terbatas.

rumahmungil3

Untuk mengatasi hal tersebut, konsep terbuka dengan memanfaatkan skylight dipilih dan diterapkan, sehingga ruangan dan bangunan dapat terlihat lebih luas dan mendapatkan pencahayaan alami yang maksimal.

Area bermain yang berlapis karpet rumput ini digunakan sebagai tempat bermain dan tempat tidur anak-anak.

BACA JUGA:
Tips Agar Apartemen Bebas Bau Makanan Dapur
Tips Mendesain Ruang Tamu Agar Tampak Mewah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *