Tips Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah & Apartemen

ruangterang

Salah satu hal yang dapat menghadirkan kenyamanan pada interior rumah dan apartemen adalah adanya pencahayaan yang cukup, terutama pencahayaan yang alami. Selain hemat biaya, pencahayaan alami juga lebih terang dan lebih sehat karena dapat meningkatkan kadar hormon serotonin pada tubuh.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan pencahayaan alami di interior hunian. Simak tipsnya berikut ini.

Lis Atap Warna Putih

Tidak jarang lis atap dibiarkan terbuka atau bahkan ditutup untuk aliran air talang. Padahal lis dapat difungsikan untuk memaksimalkan pencahayaan alami di hunian. Area ini dapat memantulkan cahaya alami ke dalam rumah. Anda dapat mengecat lis atap dengan warna putih sehingga dapat membuat ruangan lebih terang karena pantulan cahaya matahari tersebut.

Pilih Warna Cat Cerah

Untuk membuat ruangan tampak lebih terang, Anda dapat mengaplikasikan warna terang pada dinding. Selain pada area dinding, Anda juga dapat mengaplikasikan warna terang pada area plafon. Warna putih adalah warna yang memiliki nilai pantulan cahaya tertinggi, yakni mencapai 100%.

Pilih Cat Dinding Glossy

Selain pilihan warna, pilihan finishing juga dapat membuat ruangan semakin terang. Jika Anda ingin membuat ruangan tampak terang dan dapat memantulkan cahaya alami secara maksimal, pilihlah cat dengan finishing glossy. Dengan permukaan yang berkilap maka akan muncul efek cermin yang dapat memantulkan cahaya.

Keramik Kaca Pada Dapur & Dinding Kamar Mandi

Keramik kaca adalah salah satu material yang sering dipilih untuk mendekorasi area kamar mandi dan juga dapur. Untuk membuat ruangan dapur dan kamar mandi tampak lebih terang, pilih jenis keramik yang mengkilap sehingga dapat memantulkan cahaya dengan lebih maksimal.

Pasang Jendela Atap

Selain memaksimalkan penggunaan jendela yang ada pada dinding, Anda juga dapat membuat ruangan menjadi lebih terang dengan memasang skylight atau jendela atap. Skylight atau jendela atap dapat menghadirkan cahaya alami yang cukup besar ke dalam ruangan.

BACA JUGA:
Sukses Kembangkan Apartemen Mahasiswa, APP Rambah Pasah High End
Perhatikan Hal Ini Saat Pilih Hunian Sesuai Aturan Feng Shui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *