Agar Tak Boros Saat Tinggal di Apartemen

apartmen

Apartemen dikenal sebagai salah satu tipe hunian yang praktis dan ringkas. Namun meski demikian, tinggal di apartemen justru memperbesar kemungkinan pembengkakan pengeluaran bulanan para penghuninya.

Pasalnya ada banyak biaya yang harus dibayar tiap bulannya, mulai dari KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), biaya rekening listrik, operasional, dan pengeluaran bulanan. Tidak hanya itu, penghuni apartemen juga biasanya memiliki gaya hidup dan kehidupan sosial yang cukup aktif.

Agar Anda dapat mencegah pengeluaran tiap bulan membengkak, simak tips hemat tinggal di apartemen berikut ini.

Buat Anggaran Bulanan

Mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan penting untuk dilakukan. Namun membuat anggaran dan menerapkannya secara disiplin adalah hal yang lebih penting untuk menjaga pengeluaran tidak membengkak. Dalam membuat anggaran belanja, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang untuk ditabung dan untuk pengeluaran yang tidak terduga.

Pertimbangkan Ikut Asuransi

Jika Anda kesulitan untuk menabung sendiri, Anda dapat mengikuti program asuransi yang bernilai investasi. Dengan mengikuti program asuransi, Anda dapat lebih displin dalam menyisihkan sebagian uang untuk tabungan. Anda dapat memilih jenis asuransi yang bernilai investasi, seperti asuransi pendidikan, dan yang lainnya.

Ajak Teman

Membayar biaya tinggal di apartemen memang terkadang memberatkan. Untuk meringankan pengeluaran, Anda dapat mengajak teman untuk tinggal bersama. Dengan demikian pengeluaran dapat Anda bagi bersama. Dengan lokasi apartemen yang cukup strategis, tentu tidak akan sulit untuk mencari teman, terutama jika Anda menawarkan harga sewa yang lebih murah dari pada harga sewa apartemen pada umumnya.

Perhatikan Desain Unit

Untuk menghemat pengeluaran bulanan, terutama untuk tagihan listrik, Anda perlu memperhatikan desain unit. Agar tidak terlalu bergantung pada penggunaan pendingin udara, Anda dapat mendesain unit agar lebih sejuk meski tidak menggunakan pendingin udara. Misalnya membuka jendela dan pintu.

BACA JUGA:
Mengintip Interior Apartemen Termahal di New York
Tips Maksimalkan Pencahayaan Alami di Rumah & Apartemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *