Dinilai Melemah, Para Kontraktor Masih Bertumpu Pada Proyek Apartemen

Ilustrasi Pembangunan Apartemen
Ilustrasi Pembangunan Apartemen

Kemerosotan sektor properti dalam tiga tahun terakhir tidak menjadi hambatan dalam pertumbuhan pembangunan properti, terutama apartemen di kota-kota yang sedang bertumbuh dinilai masih menggeliat.

Pembangunan highrise residensial di beberapa kota, seperti Jabodetabek, Karawang, Surabaya, Semarang, Yogjakarta serta Palembang masih nampak berjalan. Hal ini dikarenakan masih tingginya minat warga dalam hal pembelian maupun penjualan apartemen.

Menurut Agus Budiarto, Pimpinan PT Pakubumi Semesta, menjelaskan bahwa perusahaannya menerima beberapa proyek pengerjaan pondasi, baik apartemen maupun gedung perkantoran.

Pimpinan perusahaan yang bergerak di bidang pondasi dan substruktur kontraktor tersebut juga menjelaskan bahwa tidak semua daerah mengalami penurunan, hanya di daerah yang tidak memungkinkan lokasinya. Proyek-proyek properti terus berkembang di lokasi-lokasi yang strategis.

Agus Budiarto mengatakan, “Tahun 2014 omset naik hingga 37 persen, di tahun 2015 naik 15 persen, tahun ini kami pun optimis akan naik hingga 30 persen”.

Dari keseluruhan proyek Pakubumi, terbagi di beberapa sektor, yakni 40 persen pada pembuatan pondasi highrise building, sisanya infrastruktur, seperti LRT, jalan tol, irigasi, flyover dan underpass,  pembangkit listrik dan yang lain. Sedangkan sebaran proyek-proyek tersebut berpusat di Pulau Jawa.

Dari proyek-proyek tersebut, beberapa di antaranya merupakan proyek utama dari pemerintah yang harus diselesaikan sebelum tahun 2018. Di antaranya, LRT Cawang-Cibubur, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, serta Wisma Atlet di Jakarta dan Palembang.

Sebagai penutup, Ia menjelaskan bahwa sektor properti masih sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya proyek yang harus dikerjakan di tahun 2016, baik dari swasta untuk proyek apartemen, maupun proyek pemerintah yang memiliki timeline yang cukup ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *