Pasar Apartemen Kian Menguat di Kuartal I 2017

properti1

Setelah pada kuartal III 2016 penjualan apartemen mencapai 1600 unit, pada kuartal I 2017 ini kondisi pasar apartemen terus menunjukkan peningkatan. Di Jakarta, penjualan apartemen pada kuartal I ini telah mencapai angka 3 ribu unit.

Jika penyerapan ini dapat bertahan hingga kuartal III 2017, maka akan ada 12 ribu unit apartemen yang diserap oleh pasar. Angka ini merupakan angka yang sangat bagus, dan hampir menyamai penyerapan bisnis properti pada tahun 2012-2013.

Hal ini diungkapkan oleo Director of Research and Consultancy Savills Indonesia, Anton Sitorus. Anton menambahkan bahwa perlu kembali mencermati kondisi suplai yang dirasa masih tidak stabil. Pasalnya ada banyak proyek apartemen yang sudah tertunda cukup lama.

Saat ini suplai apartemen paling banyak berada di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Timur,  dan Jakarta Utara. Kendati penyerapan pasar mulai menunjukkan perbaikan, namun perkembangan harga dirasa masih lemah.

Prediksi harga apartemen tahun ini masih stagnan dan belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Bahkan tidak sedikit pengembang yang memberikan diskon dan juga hadiah langsung yang membuat harga unit apartemen secara riel justru menurun.

Menurut Anton, saat ini suplai yang cukup berlimpah pada segmen mengengah bawah dan menengah. Namun penyerapan yang justru meningkat ada pada segmen premium yang mencapai 90 %, sedangkan untuk segmen menengah bawah berada pada kisaran 60 %, dan segmen menengah pada kisaran 70 %.

BACA JUGA:
Inspirasi Interior Serba Hitam ala Apartemen di Sydney
Selain Rumah, Apartemen Juga Bisa Dicicil Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *