5 Langkah Penting Berkebun di Apartemen

berkebun-di-apartemen

Apartemen adalah tipe hunian yang banyak dipilih oleh kaum urban karena dinilai lebih memberi kemudahan dan kepraktisan pada penghuninya. Meski demikian, tinggal di apartemen juga memberikan tantangan tersendiri, terutama bagi Anda yang memiliki hobi berkebun.

Jika Anda tinggal di apartemen, jangan jadikan hal tersebut sebagai hambatan untuk menjalankan hobi berkebun. Ada beberapa persiapan dan tips untuk berkebun di apartemen. Simak penjelasannya berikut ini.

Pilih Media Tanam

Dengan lahan yang terbatas, tentu Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan lahan dan juga memilih media tanam yang paling tepat. Anda dapat menggunakan pot atau dengan menggunakan pipa.

Periksa Kapasitas Sinar Matahari

Sebelum memulai kegiatan berkebun, periksa terlebih dahulu seberapa besar sinar matahari yang masuk di area apartemen Anda. Jika Anda sudah memahami kapasitas sinar matahari yang tersedia, maka Anda dapat memulai untuk memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi ruang.

Cerdas Memilih Jenis Tanaman

Agar tanaman dapat bertahan lama, maka pilih tanaman dengan kondisi yang sesuai dengan banyaknya sinar matahari yang masuk. Untuk area yang mendapat banyak sinar matahari, pilih jenis tanaman yang tahan terhadap panas. Sedangkan untuk area yang memiliki sedikit sinar matahari, pilih jenis tanaman yang dapat bertahan hidup di dalam ruangan, seperti sirih gading, lidah mertua, dan sebagainya.

Manfaatkan Teras Balkon

Meskipun tidak ada halaman depan, Anda dapat memanfaatkan area balkon sebagai lokasi berkebun. Anda dapat menjadikan tampilan balkon menjadi lebih menarik dengan menghiasinya dengan berbagai tanaman mungil. Area ini juga cukup ideal karena biasanya terpapar sinar matahari sehingga tanaman dapat tumbuh dengan sehat.

Taman Vertikal

Untuk dapat berkebun di lahan sempit, Anda dapat membuat taman vertikal. Untuk membuat taman vertikal Anda tidak perlu mengeluarkan dana besar. Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar.

BACA JUGA:
Pahami Hal Berikut Sebelum Beli Properti Unfinished
Kombinasi Warna untuk Tampilan Ruangan yang Lebih Luas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *