Tips Agar Ruang Berplafon Rendah Tampak Lebih Lapang

rumah-plafon-rendah

Rumah berplafon rendah indentik dengan rumah warisan atau rumah yang didesain dengan gaya lama. Berbeda dengan rumah-rumah modern dengan plafon yang tinggi, rumah dengan plafon rendah akan memunculkan kesan sempit dan juga pengap.

Untuk dapat membuat ruang berplafon rendah tampak luas, Anda tidak perlu membongkar dan merenovasi plafon rumah secara keseluruhan. Simak tips untuk membuat ruang berplafon rendah tampak lebih lapang berikut ini.

Gunakan Warna Cerah

Jika ruangan memiliki plafon yang rendah, hindari menggunakan warna yang gelap, seperti biru tua atau coklat. Pilih warna cerah sebagai warna dasar di ruangan tersebut, misalnya warna putih, biru langit, kuning, atau krem. Selain itu warnai bagian plafon dengan warna yang lebih cerah dibandingkan warna dinding.

Hindari Lampu dari Satu Sisi Bangian Plafon

Hindari memasang satu lampu terang hanya di bagian tengah plafon sebagai penerang ruangan. Penerangan seperti ini hanya akan membuat ruangan terasa menyilaukan dan juga tidak nyaman. Gunakan lampu terang di tengah ruangan dan tambahkan beberapa lampu dengan sinar yang redup di sudut-sudut ruangan.

Minimalkan Aksesori di Plafon

Pada ruangan dengan plafon rendah, sebaiknya jangan memasang lampu gantung dan kipas angin. Hal ini justru akan membuat plafon terasa semakin rendah. Jika ingin menambahkan aksesori di ruangan tersebut, pilih aksesori yang digantung di dinding dengan posisi lebih tinggi dari pandangan lurus mata Anda.

Tambahkan Cermin

Selain membuat ruangan tampak lebih luas, meletakkan cermin dapat membuat ruangan tampak lebih tinggi. Pilih cermin dengan bentuk yang memanjang dan pasang di salah satu sisi dinding ruangan Anda.

Hindari Tirai Pendek

Jika terdapat jendela di ruangan tersebut, pilih tirai dengan model yang memanjang. Dengan demikian dinding akan terkesan lebih tinggi. Memasang tirai pendek akan membuat ruangan terasa lebih rendah.

BACA JUGA:
Carstensz Residence, Apartemen Modular Dari JBC Development
Gandeng Developer Jepang, Sinar Mas Land Bangun Apartemen di Jakarta Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *