Tips & Trik Mengecat Dinding Bata Ekspos

bata ekspos

Batu bata ekspos biasanya digunakan sebagai salah satu alternatif desain pada interior maupun eksterior dinding. Memilih bata ekspos sebagai alternatif desain dinding dapat memunculkan kesan rustic di dalam ruangan pada sebuah hunian, baik rumah maupun apartemen.

Selain penataan, agar tampilan dinding bata ekspos terlihat lebih maksimal, maka perlu dilakukan pengecatan. Simak tips dan trik untuk mengecat dinding bata ekspos berikut ini.

Kenali Karakteristik Bata Ekspos

Berbeda dengan dinding pada umumnya yang halus karena sudah terlapisi semen, dinding bata ekspos cenderung berpori dan tidak rata. Oleh karena itu warna cat sering kali tidak dapat menutup secara sempurna. Perlu perlakuan khusus agar hasil pengecatan dapat maksimal.

Indoor & Outdoor

Jika area dinding bata ekspos berada di luar ruangan, maka Anda hanya perlu menggunakan cat spray atau pylox. Namun untuk dinding bata ekspos yang ada di dalam ruangan, maka bersihkan terlebih dahulu permukaan batu bata dengan menggosoknya secara perlahan menggunakan sikat berbulu yang sudah dicelupkan pada air sabun.

Ratakan Permukaan

Setelah selesai membersihkan permukaan, perhatikan apakah permukaan sudah cukup rata. Jika ada lubang atau retak, maka sebaiknya tambal retakan dan juga lubang dengan menggunakan semen yang dicampur dengan serbuk batu-bata. Dengan memastikan seluruh permukaan sudah rata maka proses pengecatan akan berjalan lebih cepat.

Cat Berlapis

Agar tampilan akhir permukaan dinding batu bata ekspos dapat maksimal, lakukan pengecatan berlapis secara bertahap. Untuk lapisan pertama dan kedua gunakan cat lateks. Setelah pelapisan pertama dan kedua selesai, gunakan cat interior dengan warna yang diinginkan.

BACA JUGA:
Unik! Kapsul London Eye Disulap Jadi Apartemen Mungil
Gandeng PP Properti, Iluni UI Borong 256 Unit Apartemen Evencio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *