Keuntungan Lebih Saat Memilih KPR Syariah

kredit properti 2

Saat ini tidak sedikit orang yang lebih memilih KPR Syariah dibandingkan KPR Konvensional saat akan membeli rumah secara kredit. Hal ini dikarenakan ada banyak lembaga perbankan yang menawarkan produk KPR Syariah, mulai dari bank Muamalat, hingga beberapa bank besar di Indonesia yang juga membentuk lembaga perbankan syariah.

Dengan banyaknya peminat produk KPR Syariah, apa saja keuntungan lebih yang dapat diperoleh para konsumen saat memilih produk KPR Syariah? Simak penjelasannya berikut ini.

Karena menggunakan prinsip jual-beli syariah atau murabahah, maka proses transaksi bukan berupa transaksi uang seperti KPR Konvensional, melainkan transaksi barang (rumah). Dengan demikian nilai cicilan sudah ditentukan dari awal dan tidak ada bunga, sehingga bersifat tetap tanpa berbantung pada suku bunga Bank Indonesia.

Dengan cicilan yang bersifat tetap, konsumen juga dapat dengan lebih murah melakukan perencanaan keuangan. Selain itu prinsip syari yang digunakan juga membuat kredit berjalan tanpa penalti atau denda, baik saat konsumen tidak dapat membayar cicilan tepat waktu, maupun saat konsumen ingin melunasi pembayaran lebih awal.

Persayaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan KPR Syariah juga relatif lebih mudah, sehingga proses pengajuan KPR Syariah dapat berlangsung lebih cepat karena menggunakan prinsip syariah. Tidak hanya itu, nilai uang muka KPR Syariah juga lebih ringan, yakni sebesar 10% dari harga rumah.

Dengan banyaknya keuntungan tersebut, tidak heran jika masyarakat banyak yang beralih memilih produk KPR Syariah dibandingkan produk KPR Konvensional.

BACA JUGA:
Mengenal Perbedaan KPR Syariah & KPR Konvensional
Inspirasi Dekorasi Balkon Apartemen Agar Jadi Lebih Menarik

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *