Beli Rumah KPR Rugi? Simak Tiga Keuntungannya

Toy house and calculator on table close-up

Hingga saat ini membeli rumah atau apartemen dengan cara mencicil masih menjadi perdebatan. Pasalnya membeli hunian secara kredit dianggap merugikan. Oleh karena itu tidak sedikit yang memilih untuk membeli hunian dengan cara tunai.

Jika menghitung total cicilan dan juga bunga selama masa cicilan, harga rumah memang terkesan jauh lebih mahal. Namun yang perlu Anda ingat adalah adanya keringanan yang Anda dapatkan, yakni dengan membayar secara mengangsur.

Lantas apa saja keuntungan membeli hunian secara kredit? Simak penjelasannya berikut ini.

Kepastian Memiliki

Saat pengajuan KPR Anda disetujui dan uang muka telah dibayar, maka akad kredit di bank akan dilakukan. Tidak lama, proses sertifikat tanah atau rumah akan diproses untuk dibalik nama dengan atas nama Anda. Dengan demikian tentu sudah pasti bahwa hunian tersebut sah menjadi milik Anda.

Tak Perlu Dana Penuh

Jika dibayangkan, membeli hunian secara tunai memerlukan dana yang jumlahnya tidaklah sedikit. Hal ini tentu tidak mudah untuk dilakukan bagi masyarakat dengan penghasilan terbatas. Perlu waktu lama untuk menabung agar dapat membeli rumah yang diimpikan. Melalui KPR, Anda hanya perlu menyiapkan dana 10-20 persen dari harga rumah sebagai uang muka, sisanya dapat Anda bayar secara diangsur.

Semakin Ringan

Kendati jumlah angsuran relatif tetap, namun seiring berjalannya waktu nilai cicilan secara riil menurun karena inflasi, atau karena penghasilan yang meningkat secara periodik. Selain itu hunian yang Anda beli juga bernilai investasi yang dapat Anda jual kembali saat harga tanah atau hunian menjadi tinggi meskipun masa kredit belum selesai.

BACA JUGA:
Mengintip Apartemen Mewah Bon Jovi yang Dilego Rp 230 Miliar
Desain Gedung Ini Jadi Media Seni di Tangan Seniman

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *