Faktor Yang Mempengaruhi Harga Apartemen Part I

harga apartemen

Harga merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi kualitas sebuah produk, tidak terkecuali pada hunian seperti rumah maupun apartemen. Semakin tinggi harga yang dipatok untuk sebuah apartemen, bisa jadi ada banyak kualitas bagi sebuah hunian yang ditawarkan.

Selain lokasi, ada beberapa hal lain yang menjadi faktor penentu sebuah harga apartemen. Simak penjelasannya berikut ini.

Keadaan Lingkungan Sekitar

Kondisi lingkungan sekitar baik secara fisik maupun sosial menjadi salah satu faktor penentu harga sebuah apartemen. Jika apartemen berada di lingkungan yang baik, dan tidak menjadi langganan banjir, maka bank akan lebih mudah menyalurkan KPA & KPR. Namun jika apartemen dekat dengan SUTET atau TPA (Tempat Pembuangan Akhir, maka akan lebih sulit memperoleh KPR dan KPA.

Aksesibilitas Apartemen

Nilai jual apartemen akan lebih tinggi jika memiliki aksesibilitas yang baik, yakni tersedianya jalan yang cukup lebar dan dekat dengan tol, stasiun, terminal, maupun jalan raya. Selain itu semakin dekat lokasi apartemen dengan pusat kegiatan seperti sekolah, mall, rumah sakit, universitas, dan yang lainnya maka harganya juga akan lebih tinggi.

Infrastruktur di Sekitar Apartemen

Jika sebuah gedung apartemen berada di lokasi yang jauh dari gedung-gedung perkantoran, stasiun MRT, LRT, atau jalan tol, sudah dapat dipastikan apartemen tersebut akan dibanderol dengan harga yang lebih murah. Namun jika ada banyak infrastruktur pendukung di sekitar apartemen, maka sudah dapat dipastikan akan dibanderol dengan harga tinggi.

Spek Material Bangunan

Lokasi, aksesibilitas, serta infrastruktur di sekitar apartemen merupakan faktor eksternal penentu harga apartemen. Selain faktor-faktor eksternal tersebut, ada juga faktor internal, yakni spek material bangunan. Dengan semakin berkualitas material bangunan yang digunakan, maka harga sewa maupun jual apartemen tentu juga semakin mahal.

BACA JUGA:
Tips Sukses Bisnis Properti Tanpa Modal
Tips Mudah Dekorasi Unit Apartemen Tanpa Repot

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *