Simak! Panduan Lengkap Ajukan KPR Subsidi

kpr

Saat ini kebutuhan akan hunian terus meningkat. Dengan harga hunian, baik rumah maupun apartemen yang semakin mahal, membuat masyarakat harus berusaha lebih keras untuk dapat membeli hunian impian mereka.

Kini tidak hanya masyarakat kelas menengah atas saja yang dapat membeli rumah. Dengan program rumah subsidi, masyarakat kelas menengah bawah pun dapat membeli rumah murah secara kredit. Lantas bagaimana cara untuk dapat mengajukan KPR Subsidi? Simak penjelasannya berikut ini.

Datangi Pengembang Perumahan

Jika Anda berniat mengajukan KPR subsidi, maka langkah pertama yang perlu dilakukan yakni mensurvey perumahan dan memeriksa kondisi pengembang. Saat mendatangi pengembang, Anda dapat menanyakan beberapa hal terkait legalitas, misalnya sertifikat tahah, surat izin mendirikan bangunan, dan juga rekam jejak pengembang.

Menyerahkan Dokumen & Persyaratan

Setelah melakukan survey, Anda dapat menyerahkan dokumen-dokumen penting yang menjadi persyaratan untuk pengajuan KPR, misalnya KTP, KK, NPWP, Buku Nikah, dan rekening koran. Setelah dokumen dilengkapi, Anda dapat melakukan simulasi wawancara dengan pihak pengembang. Dalam simulasi wawancara ini, pengembang akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait kondisi finansial.

Datang ke Bank

Langkah selanjutnya yakni mendatangi bank penyedia KPR subsidi. Dalam tahap ini Anda akan didampingi oleh pengembang untuk melakukan BI checking. Dalam tahap ini para analis bank akan memeriksa rekam jejak kondisi finansial calon pengaju kredit.

Wawancara dengan Pihak Bank

Setelah lolos BI checking dan dinyatakan aman, maka proses selanjutnya yakni wawancara oleh pihak bank. Pertanyaan yang diajukan oleh pihak bank tidak jauh berbeda dari pertanyaan yang diajukan pihak pengembang pada tahap simulasi wawancara, yakni seputar pekerjaan dan kondisi finansial.

Pengumuman

Setelah semua tahap di atas selesai dijalani, maka tahap selanjutnya yakni pengumuman keputusan dari pihak bank. Bank akan memberi keputusan apakah pengajuan KPR subsidi Anda diterima atau ditolak dalam waktu dua minggu hingga satu bulan.

BACA JUGA:
Faktor Yang Mempengaruhi Harga Apartemen Part II
Faktor Yang Mempengaruhi Harga Apartemen Part I

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *