Perhatikan 5 Hal Ini Saat Beli Perumahan

rumahh

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memilih membeli hunian di kompleks perumahan. Pasalnya hunian di perumahan biasanya sudah menjawab semua kebutuhan pembeli rumah, mulai dari lokasi strategis, fasilitas, serta akses transportasi yang memadai.

Meskipun praktis dan memberi banyak kemudahan, namun membeli hunian di kompleks perumahan tetap tidak boleh sembarangan. Jika Anda berencana untuk membeli rumah di perumahan maka simak tips pentingnya berikut ini.

Lakukan Survey

Sebelum melakukan pembelian, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan survei, baik secara online maupun mendatangi lokasi secara langsung. Lakukan survei secara menyeluruh dan mendetail terkait kompleks perumahan tersebut. Buatlah perbandingan terhadap beberapa pilihan dengan mempertimbangkan lokasi, akses transportasi, dan yang lainnya.

Datangi Kantor Pemasaran

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan terbaik, Anda perlu datang ke kantor pemasaran dan bertemu dengan pihak pengelola maupun pengembang. Bila sempat Anda juga dapat berbincang dengan orang-orang yang tinggal di kompleks perumahan tersebut.

Ketahui Status Rumah

Terdapat dua tipe status rumah yang biasanya ditawarkan di perumahan, yakni indent dan siap huni. Siap huni biasanya rumah sudah berdiri dan dapat dilihat secara langsung. Sedangkan indent berarti rumah belum berdiri dan Anda dapat melihat lokasinya melalui site map.

Bandingkan Harga

Dari beberapa pilihan yang Anda miliki, jangan lupa untuk membandingkan harga dari perumahan tersebut. Biasanya harga rumah sudah termasuk PPN 10%, serta biaya-biayanya, seperti Akta Jual Beli, Sertifikat Hak Guna Bangunan dan yang lainnya.

Manfaatkan Mas Garansi

Biasanya developer akan menawarkan masa garansi pemeliharaan selama 3-6 bulan. Jika Anda menemukan adanya kerusakan seperti atap bocor, atau dinding retak, Anda dapat melakukan komplain dan meminta perbaikan pada developer. Selama masa garansi pemeliharaan berlangsung sebaiknya tunda melakukan renovasi karena hal ini akan menghilangkan masa garansi.

BACA JUGA:
Ciputat Resort, Apartemen Berlokasi Strategis dengan Cicilan Ringan
Apartemen di Permata Hijau Dibanderol Rp 1 Miliar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *