Pemanfaatan Lahan Non Produktif BUMN Untuk Perumahan Rakyat

rumahmurah

Untuk memenuhi kebutuhan perumahan bagi rakyat, pemerintah terus berupaya mencari cara terbaik untuk mensukseskan program Sejuta Rumah. Angka kebutuhan rumah untuk rakyat sangat tinggi mencapai 11,4 juta unit, namun ketersediaan lahan dan pasokan masih belum mencukupi.

Oleh karena itu Rini Soemarmo, selaku Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyarankan pemanfaatan lahan tidak produktif milik BUMN di wilayah Jawa untuk dialihfungsikan menjadi kawasan perumahan rakyat.

Terdapat beberapa lahan milik BUMN bekas pabrik gula yang tersebar di beberapa wilayah, mulai dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Lahan-lahan yang sudah tidak produktif tersebut dapat dimanfaatkan sebagai lahan perumahan rakyat.

Selain dengan memanfaatkan lahan tidak produktif milik BUMN, Rini juga mengungkapkan bahwa developer milik BUMN juga menerapkan rumah tapak dengan sistem precast sebagai upaya untuk memenuhi perumahan layak huni untuk rakyat.

Dengan sistem precast pembangunan rumah hanya membutuhkan waktu dua minggu sehingga lebih cepat dan lebih murah. Meskipun demikian, hunian yang dibangun dengan sistem precast tetap memiliki konstruksi berkualitas tinggi.

BACA JUGA:
PP Properti Luncurkan Apartemen Mahasiswa Premium di Depok
Hadirkan Suasana Baru Di Kamar Anak Tanpa Banyak Biaya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *