Unik! Gedung Apartemen Ini Jadi Taman Vertikal Terbesar di Dunia

santalaia

Tidak sedikit gedung apartemen yang memiliki desain dan konsep yang unik. Dari banyaknya konsep dan desain tersebut, tidak banyak yang mengusung konsep taman untuk sebuah gedung apartemen. Pasalnya gedung apartemen diketahui memiliki luas lahan yang terbatas.

Namun sepertinya hal tersebut tidak berpengaruh pada sebuah gedung apartemen di Kolombia. Gedung apartemen berlantai sembilan tersebut justru sekaligus merupakan sebuah taman vertikal yang diklaim menjadi taman vertikal terbesar di dunia.

Terletak di kawasan Rosales, Bogota, ibukota negara Kolombia, gedung apartemen bernama Santalaia ini merupakan hasil karya seorang ahli biologi dan botani, Ignacio Solani. Bersama dengan perusahaan perancang taman dan atap hijau, Grancol, Santalaia akhirnya mulai dibangun pada pertengahan 2014 dan rampung pada Desember 2016.

santalaia1

Gedung setinggi sembilan lantai dengan dua lantai basement tersebut diselumuti tanaman hijau seluas 3.117 meter persegi. Dengan jumlah tanaman hijau yang begitu banyak, gedung hunian vertikal berkonsep penghijauan ini bahkan diklaim mampu menyuplai kebutuhan oksigen untuk 3000 orang.

Konsep taman vertikal yang diterapkan pada gedung ini sudah dirancang dengan matang mulai dari pemilihan tanaman, sistem irigasi, daur ulang air, hingga seleksi tanaman. Dengan menggunakan sistem irigasi hidroponik serta dilengkapi dengan teknologi sensor kelembapan dan radiasi, konsumsi dan pengolahan air menjadi lebih maksimal dan tanpa menghasilkan limbah.

BACA JUGA:
3 Langkah Mudah Bersihkan Apartemen Tanpa Kerja Keras
Tips Memilih Apartemen Ramah Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *