Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Tentukan Harga Jual Rumah

jual properti

Menjual rumah bukanlah perkara mudah yang dapat diputuskan dengan mudah dan cepat, apalagi soal menentukan harga jual yang tepat. Pasalnya jika harga jual yang ditetapkan terlalu murah maka pemilik akan rugi, dan jika harga jual yang ditentukan terlalu tinggi maka rumah tidak akan kunjung laku terjual.

Agar tak salah menentukan harga jual rumah, ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan. Simak penjelasannya berikut ini.
Cek Harga Tanah di Kawasan Sekitar
Sebelum menentukan harga jual yang pas, Anda perlu mengetahui harga Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP di sekitar lokasi rumah tersebut. Nilai NJOP biasanya menjadi penentu nilai minimum penjualan.
Periksa Spesifikasi Bangunan
Menentukan harga rumah yang berada di kompleks cluster biasanya lebih mudah dibandingkan dengan kompleks rumah dengan tipikal yang berbeda-beda. Saat menentukan harga Anda dapat memeriksa spesifikasi bangunan mulai dari luas, jumlah kamar, kamar mandi, material dan kondisi bangunan.
Kelebihan & Kekurangan Properti
Memastikan kondisi rumah secara menyeluruh sangat penting sebelum menentukan harga rumah. Perhatikan kelebihan dan kekurangan yang ada pada rumah tersebut. Kelebihan bisa menjadi nilai tambah untuk dapat meningkatkan harga jual. Sedangkan kekurangan yang ada harus segera diperbaiki agar tidak menurunkan harga jual rumah tersebut.
Bandingkan Harga Jual
Cara terakhir yang paling mudah dan cepat untuk dapat menentukan harga jual rumah adalah dengan membandingkan nilai jual rumah-rumah yang ada di sekitar kompleks. Cara ini tergolong mudah karena Anda hanya perlu bertanya pada pemilik rumah kisaran harga jual yang mereka patok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *